Gedung pemerintahan khususnya istana presiden di setiap negara selalu menarik untuk dibahas. Misalnya saja istana presiden di negeri adidaya Amerika yang terkenal dengan sebutan Gedung Putih. Nah, kalau Amerika punya Gedung Putih maka Argentina tidak mau kalah. Negeri tango ini juga punya Gedung Pink. Penasaran?

foto: www.thebesttravelled.com

foto: www.thebesttravelled.com

Gedung Pink atau Pink House merupakan gedung eksekutif dan kantor kepresidenan di Argentina. Gedung ini telah menjadi kantor kepresidenan sejak berdirinya negara Argentina pada tahun 1810. Bangunan megah ini secara resmi dikenal dengan nama Casa de Gobiemo, yang berarti Government House. Biasanya, Presiden tinggal di Quinta de Olivos, kediaman resmi Presiden Argentina yang terletak di Olivos, Buenos Aires.

Pink House yang juga sering disebut dengan La Casa Rosada memiliki karakteristik yang unik. Karakteristik unik tersebut terletak pada cat gedungnya yang berwarna baby pink. Keunikannya ini membuat The Pink House dianggap sebagai lambang kota Buenos Aires. Bahkan gedung ini telah dinyatakan sebagai National Historic Building of Argentina.

pink-house2edit Photo from www.pinknovicenote.blogspot.comAdapun asal-usul warna gedung ini berawal pada tahun 1873. Presiden Argentina saat itu yakni Sarmiento memutuskan untuk mengecat gedung ini dengan warna merah muda sebagai simbol persatuan dua kubu politik yang pernah bertikai di Argentina. Warna merah untuk kubu federal dan warna putih untuk kubu Unionist. Penggabungan kedua warna itu menghasilkan warna merah muda alias pink dan dipakai hingga sekarang. Meski demikian, warna pink tidak mengurangi wibawa istana presiden ini.

Selain berfungsi sebagai gedung eksekutif dan kantor kepresidenan, di La Casa Rosada juga terdapat museum yang berisi benda-benda yang berhubungan dengan para mantan presiden Argentina. Istana Presiden yang terletak di dekat Plaza de Mayo, alun-alun nasional Argentina ini tak pernah sepi pengunjung. Plaza De Mayo sendiri merupakan sebuah komplek yang terdiri dari Casa Rosada, Cabildo, dan Metropolitan Chatedral. Komplek ini adalah salah satu tujuan wisata populer di Buenos Aires.

foto: www.shutterstock.com

foto: www.shutterstock.com

Oya, setiap hari Kamis di Plaza de Mayo digelar kegiatan untuk mengenang orang-orang yang hilang pada saat Argentina dikuasai junta militer tahun 1960-an sampai pertengahan 1970-an. Foto-foto mereka yang dihilangkan secara paksa oleh junta militer dipajang. Para ibu berpawai tak kenal lelah, seolah anak-anak mereka yang hilang puluhan tahun silam itu akan kembali. Ibu-ibu  beranjak tua, masyarakat dan simpatisan mulai banyak bergabung. Ritual ini sangat terkenal dan menjadi inspirasi banyak orang. Termasuk ditiru oleh ibu-ibu korban tragedi Trisakti di Jakarta Indonesia.

Untuk mencapai obyek wisata ini, wisatawan dapat naik kendaraan umum seperti bus kota atau kereta api subte. Letak gedung yang berada di kompleks Plaza de Mayo membuat tempat wisata ini mudah dilalui bus Collectivo dengan tarif sekali jalan sekitar $ 1,00 pesos. Wisatawan juga dapat naik taksi dengan biaya kurang lebih $ 2.00 pesos Argentina.

Sempatkan pula untuk  mengunjungi obyek wisata menarik lainnya di Argentina seperti Recoleta, La Boca, Perito Moreno Glaciers, lautan garam The Salinas Grandes, dan lain-lain. Selama di negeri ini Anda dapat menginap di beberapa hotel seperti Hostel Tango Argentina, Ayres De Libertad Hotel, Cristal Palace Hotel, Park Elegance Unique Hotel, dan lain-lain.

Peta lokasi. View larger map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada  6 Mei 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • istana pink house
  • gambar istana pink house
  • pink house dimana
  • istana pink dimana
  • sejarah pariwisata di amerika
  • istana kepresidenan warna pink
  • istana presiden argentina
  • pink house di negara mana
  • pink gedung
  • pink house ada dinegara mana?

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,