Saat mendengar nama Argentina, pasti yang terbayang dalam benak kita adalah tarian tango yang eksotis serta kehebatan sepakbolanya. Namun tahukah Anda bahwa negara kelahiran Diego Maradona ini menyimpan berbagai pesona wisata yang menarik. Salah satunya yaitu wisata ke kota mati Epecuen yang ada di Buenos Aires.

foto: www.amusingplanet.com

foto: www.amusingplanet.com

Kota Epecuen merupakan sebuah kota wisata yang berjarak 6 jam dari ibukota Argentina, Buenos Aires. Kota yang dulunya dihuni sekitar 1.500 penduduk ini berlokasi di pinggir danau yang memiliki air asin. Sebelum bencana banjir pada 1985, kota Epecuen dikenal sebagai kawasan yang sangat indah dengan pemandangan danaunya. Di kota ini terdapat banyak resort dan penginapan yang menyuguhkan pemandangan alam indah, di mana hampir setiap hari seluruh penduduknya melayani 20.000 turis. Dahulu, kota ini juga memiliki 280 perusahaan termasuk pondok-pondok, hotel dan ragam bisnis yang berpusat di sekitar wilayah perdagangan turis.

Saat zaman keemasan Argentina, banyak kereta yang sibuk lalu-lalang membawa gandum untuk di ekspor ke luar negeri, dan menghidupkan kota Epecuen sebagai tempat bersantai di danau air asin. Daya tarik utama kota ini memang terletak pada danau air asin tersebut. Sebuah legenda setempat menyatakan bahwa danau itu terbentuk oleh air mata seorang kepala pemimpin besar Argentina yang menangis karena sakit hati oleh kekasih yang dicintainya.

foto: www.piximus.net

foto: www.piximus.net

Keberadaan danau air asin ini juga membuat Epecuen dikenal sebagai kota spa lantaran perairan di tempat ini punya kandungan garam tinggi. Kadar garam air di danau ini bahkan 10 kali lebih banyak dibandingkan air laut pada umumnya, sehingga benda apapun akan mengapung di danau ini. Menariknya, air danau ini  bermanfaat untuk menyembuhkan sejumlah penyakit kulit. Hal ini membuat kota Epecuen tak pernah sepi pengunjung. Saat musim panas, kota ini kerap didatangi wisatawan yang ingin menikmati matahari sambil berenang di danau air asinnya. Para turis yang datang biasanya berasal dari Buenos Aires, dan sebagian besar merupakan komunitas Yahudi. Komunitas ini sangat menyukai berenang mengambang di danau Epecuen, sebab air danau ini mengingatkan mereka tentang Laut Mati di Israel.

Namun pada tanggal 10 November 1985, terjadi bencana banjir cukup dahsyat di kota Epecuen. Hujan yang tak kunjung berhenti disertai badai yang teramat dahsyat membuat kota wisata musim panas ini tenggelam hingga 10 meter di bawah permukaan laut. Saat itu, air banjir menjebol dinding waduk dan tumpah ke danau serta jalan-jalan di kota ini. Ratusan tempat spa dan gedung lainnya lenyap dalam semalam akibat banjir parah itu. Selain itu, 1.500 warga setempat terpaksa pindah ke kota lain.

foto: www.shutterstock.com

foto: www.shutterstock.com

Kini, setelah tenggelam selama kira-kira 28 tahun, genangan air di kawasan Epecuen mulai menyurut sehingga sejumlah bangunan yang dulu tenggelam mulai kelihatan lagi sedikit demi sedikit. Fenomena ini tak hanya menarik perhatian bagi orang-orang yang pernah tinggal di sana, tapi juga bagi para wisatawan.

Bangunan-bangunan yang sudah runtuh dan hancur, pemandangan sisa tembok-tembok yang retak dan pohon mati yang masih berdiri amat menarik siapapun yang tak sengaja melewati kota Epecuen. Ada pula besi dari kendaraan, rangka dan chassis mobil berkarat, tiang atau pilar bangunan yang berdiri miring dan barang-barang lain yang sudah berkarat, serta tanah yang meretak terhampar di kota ini. Uniknya, karena tenggelam di air yang memiliki konsentrasi garam yang tinggi, kota mati ini hampir seluruhnya diselimuti warna putih seperti kapur.

foto: www.capitalbay.com

foto: www.capitalbay.com

Kota yang dulunya sanggup menarik 20.000 wisatawan ini belum dibangun kembali tetapi telah menjadi tujuan wisata yang unik. Orang-orang yang datang kebanyakan melihat bangkai mobil berkarat, berbagai furnitur yang telah rusak, serta rumah hancur. Banyak pula wisatawan yang berjalan-jalan melalui kuburan yang terguling dan rusak karena genangan air. Lanskap dengan suasana traumatis dan dramatis adalah hal yang paling dicari para wisatawan.  Oya, kota Epecuen yang dijuluki kota hantu ini juga sempat menjadi lokasi syuting film horor yakni film berjudul “And Soon The Darkness” yang dibintangi oleh Karl Urban pada tahun 2010.

Jika tertarik untuk mengunjungi kota mati ini, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum seperti bis antar provinsi atau pesawat lokal. Jika naik bis atau kendaraan pribadi, jarak tempuhnya sekitar enam jam dari Buenos Aires, atau sekitar 340 mil (550 km). Jika menggunakan pesawat, wisatawan dapat naik Austral Airlines yang mengadakan layanan penerbangan menuju kota ini dari Buenos Aires. Anda dapat turun di bandara terdekat Epecuen yaitu Bahia Blanca dan terdapat layanan bis yang akan mengantarkan perjalanan Anda ke Carhue sekitar Provincial Route 60. Jarak dari Carhue ke kota mati Epecuen hanya beberapa meter saja.

Obyek wisata lainnya di Argentina yang tak kalah menarik yaitu Perito Merino Glacier, The Salinas Grandes, air terjun Iguazu Falls, La Boca, Avenida de 9 Julio, La Recoleta, dan lain-lain. Selama berada di Argentina, Anda bisa menginap di beberapa hotel seperti Apart Hotel Cabildo Suites Hotel, Espacio Barrancas Hotel, Cristal Palace HotelEdelweiss Hotel, Nido Del Condor Resort And Spa, dan lain-lain.

Peta lokasi Epecuen. View larger map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada  19 April 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • kota epecuen
  • epecuen
  • kota epecuan
  • kota mati argentina
  • sejarah kota epecuen argentina
  • sejarah epecuen
  • kota yang dulu pernah tenggelam
  • epiquee
  • kota epecuen di argentina
  • kota mati epecuan

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,