Salah satu obyek wisata keluarga yang menarik yaitu kebun binatang. Bagi anak-anak, melihat aneka satwa di kebun binatang tentunya menjadi hal yang mengesankan. Namun, Anda harus hati-hati jika mengajak buah hati berkunjung ke kebun binatang Lujan Zoo yang ada di Buenos Aires, Argentina. Mengapa demikian?

foto: www.flickr.com

foto: www.flickr.com

Entah apa konsepnya, kebun binatang Lujan Zoo di Argentina ini benar-benar menakjubkan. Kalau kebun binatang lain menerapkan pengamanan ekstra ketat terhadap para pengunjung, berbeda dengan Lujan Zoo. Kebun binatang ini justru memberi kebebasan pada binatang-binatangnya juga para pengunjung untuk saling menyentuh. Pemandangan pengunjung yang berfoto bersama harimau dan singa sudah umum di sini. Bahkan beberapa pengunjung yang cukup nekat, membuat foto dengan menunggangi singa atau harimau.

Dibuka pada 24 November 1994, kebun binatang ini menempati area seluas 1500 meter persegi. Kebun binatang Lujan mempunyai koleksi hewan mulai dari singa, macan, gajah Asia, monyet, singa laut, rusa, llama, beruang, flamingo, antelope, dan beberapa hewan Afrika lainnya. Tiap kandang dijaga oleh petugas yang akan memberikan informasi, sekaligus membolehkan pengunjung untuk berinteraksi langsung dengan hewan-hewan tersebut. Selain menyentuh, pengunjung bisa memeluk, menaiki, bahkan memberi susu pada anak macan. Tidak heran kalau sikap pengelola ini memicu kontroversial dan protes dari masyarakat.

foto: www.ofm.co.za

foto: www.ofm.co.za

Hal ini juga yang membuat Lujan Zoo disebut-sebut sebagai kebun binatang paling berbahaya di dunia. Aktivis pecinta binatang dan para aktivis lembaga kemanusiaan jelas-jelas mengkritik pedas keberadaan kebun binatang ajaib ini. Namun pihak pengelola dan pemerintah Argentina tetap membuka obyek wisata ini hingga sekarang.

Nah, untuk membebaskan Lujan Zoo dari tuntutan, pengelola tempat ini mewajibkan pengunjung untuk menandatangani surat pernyataan yang isinya membebaskan Lujan Zoo dari tuntutan apabila sampai mereka terluka, cacat atau bahkan terbunuh oleh binatang di Lujan Zoo. Sebaliknya Lujan Zoo dapat menuntut pengunjung yang mencederai atau membunuh binatang yang berada di dalam kebun binatang tersebut dan diminta untuk menjaga kenyamanan binatang-binatang di dalam kebun binatang tersebut selama kunjungan.

foto: www.trendtips.com

foto: www.trendtips.com

Dengan aturan yang terkesan berat sebelah dan resiko sebesar itu, jangan berpikir bahwa tempat ini akan sepi pengunjung. Justru sebaliknya, mungkin inilah kebun binatang paling ramai di dunia. Karena di sini pengunjung dengan senang hati dapat menyentuh binatang buas, mencium, memberinya makan bahkan menungganginya.

Uniknya, sejak kebun binatang ini dibuka pada tahun 1994, belum pernah ada berita kecelakaan antara pengunjung dan hewan. Pihak kebun binatang menjamin hewan yang ada di dalam kebun binatang tidak akan melukai pengunjung, alias jinak. Saking yakinnya dengan hewan yang dipelihara, pengunjung Lujan tidak perlu menandatangani surat kesepakatan sebelum foto bersama. Bahkan, anak-anak pun dibebaskan untuk berinteraksi langsung dengan sang penghuni kebun binatang.

foto: www.english.tebyan.net

foto: www.english.tebyan.net

Lujan Zoo memang kontroversial. Tapi dibalik kontroversi ini, Lujan menjanjikan jalan-jalan yang asyik di dalam kebun binatang, tanpa perlu takut diterkam sang hewan buas. Tertarik dengan wisata ini? Anda cukup membayar tiket masuk sebesar ARS$70 (Rp 146.000) untuk pengunjung usia 12 tahun ke atas dan ARS $50 (Rp 104.000) untuk pengunjung usia 2 sampai 11 tahun.

Akses menuju obyek wisata ini cukup mudah. Kebun binatang Lujan Zoo terletak di pusat kota Lujan, sekitar 58 km dari jalan raya Acceso Oeste. Jalan termudah untuk mencapai kebun binatang ini adalah menggunakan bus jalur 57 dari Plaza Italia. Biayanya adalah ARS $20 sekali jalan, dan perjalanan memerlukan waktu sekitar satu setengah jam. Layanan bus ini memiliki tiket yang bisa diperoleh di kantor La Rural, Avenida Sarmiento, tetapi jika kantor sedang tutup Anda dapat membayarnya dengan koin. Lujan Zoo buka setiap hari dalam setahun mulai dari jam 9 pagi hingga matahari terbenam. Namun obyek wisata ini tutup selama hujan lebat.

Puas bercengkerama dengan aneka satwa di kebun binatang ini, Anda bisa mengunjungi obyek wisata menarik lainnya di Argentina. Seperti wisata anggur segar di Mendoza dan beberapa kota lainnya. Atau bisa juga melihat kemegahan Gunung Fitz Roy, eksotisnya air terjun Iguazu Falls, La Boca, dan lain-lain. Selama di negeri tango ini Anda bisa menginap di Nahuel Huapi Hotel, Cristal Hotel, Edelweiss Hotel, Las Dunas Hotel, Che Lagarto Calafate Hotel, Nevada Hotel, dan lain-lain.

Peta lokasi. View larger map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 29 April 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • lujan zoo di argentina
  • apa itu lujan zoo
  • diterkam binatang buas
  • hwan yang ada di negara argentina
  • lujan zoo argentina
  • zoologico de lujan

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , ,