Rio-JdBotanico-FountainTertarik untuk tempat penelitian berbagai jenis tumbuhan sekaligus wisata yang menarik dengan penataan yang artistik di tengah Kota Rio de Janeiro?

IMG_1807Boas-vindas in The Rio de Janeiro Botanical Garden!

Botani Raya Rio de Janeiro, terletak di Zona Sul, kaki Gunung Corcovado, tepat di bawah tangan kanan Patung Cristo Redentor. The Rio de Janeiro Botanical Garden atau Jardim Botanico ditemukan pada tahun 1808 oleh Raja John ke-VI. Kebun raya ini awalnya hanya dimanfaatkan untuk aklimitisasi atau penyesuaian iklim tanaman rempah-rempah, seperti pala, lada, kayu manis, yang diimpor dari Hindia Barat.

Kemudian pada tahun 1822, Jardim Botanico dibuka untuk umum. UNESCO bahkan menjadikan Kebun Raya Rio sebagai cagar alam pada tahun 1922, dan dikelola serta dilindungi oleh The National Institute of Historic and Artistic Heritage Brazil.

002Kebun Raya Rio menunjukkan gambaran keanekaragaman flora yang dimiliki Brazil secara langsung. Selain merupakan tempat penelitian berbagai spesies tanaman, Jardim Botanico juga mempunyai perpustakaan terbesar dan terlengkap tentang botani (tanaman) di Brazil. Mempunyai koleksi lebih dari 6.000 spesies yang berbeda dari tanaman tropis dan subtropis, 140 spesies burung, termasuk 900 jenis pohon palem yang membentuk Avenue of Royal Palms. Jika beruntung, Anda dapat melihat langsung burung jenis Channel-billed Toucan, Dusky-legged Guan dan Slaty-breasted Rail yang berkeliaran bebas.

Pada tahun 2008 lalu, dalam acara peringatan dua abad Jadim Botanico, pemerintah Brazil meresmikan Museum Lingkungan dan sebuah pusat kebudayaan bernama Espaço Tom Jobim.

Ada banyak alternatif transportasi ke Jadim Botanico, apabila Anda ingin menggunakan transportasi umum, naik bus nomor 572, 574, 584  di Rua Barata Ribeiro dan berhenti di subway Rio Botanical Garden. Apabila Anda ingin menikmati pemandangan kota sekaligus menghindari kemacetan lalu lintas, naik sepeda adalah pilihan terbaik.

Opening hours Kebun Raya Rio mulai pukul 08.00-17.00, dan buka sepanjang tahun, kecuali tanggal 25 Desember – 1 Januari.

Ada banyak destinasi wisata di sekitar The Rio de Janeiro Botanical Garden, seperti Hujan TijucaCristo RedentorPantai Ipanema dan Copacabana, dan Sugar Loaf Mountain.

Apabila Anda ingin menginap di sekitar Kebun Raya Rio, ada beberapa pilihan tempat menginap yakni, Monsieur Le Blond Apart Hotel, Promenade Leblon Inn Hotel, Boutique Hotel Gavea Tropical, dan InterContinental Hotel.

Peta Lokasi Jardim Botanico

View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 13 Oktober 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,