morro_do_archer05tijuca

Hutan Tijuca (Floresta da Tijuca) terkenal sebagai hutan kota terbesar di dunia dan merupakan bagian terluas terakhir dari Mata Atlantica di Rio de Janeiro, Brazil. Hutan kota ini berfungsi untuk menghasilkan hujan dan penyedia air bersih untuk warga kota Rio.

Hutan Tijuca merupakan bagian dari Tijuca National Park (Parque Nacional da Tijuca), terletak di area pegunungan sekitar area Tijuca, Lagoa dan Gavea. Gunung Corcovado dengan Patung Kristus Penebus, dan Gunung Pedra Bonita termasuk destinasi wisata yang ada di daerah Taman Nasional Tijuca.

tijuca-national-parkPada zaman kolonial, pohon-pohon di hutan hujan ini sering ditebang untuk membuat jalan bagi industri perkebunan kopi. Kemudian, di pertengahan abad ke-19 Hutan Tijuca mulai ditanami kembali untuk melestarikan dan melindungi pasokan air kota. Hutan Tijuca dinyatakan sebagai taman nasional pada tahun 1961 dengan tujuan untuk melindungi, melestarikan ekosistem, serta dapat dijadikan tempat rekreasi oleh warga setempat.

Selain dapat menjumpai jantung Hutan Tijuca, yaitu daerah Alto da Boa Vista. Anda dapat menemui banyak tumbuhan tropis, spesies hewan, air terjun (Cachoeiras, Taunay, Gabriela, dan Diamantina), gua (Luiz Fernandez, Belmiro, dan Paulo e Virginia), jalur pendakian Pedra Bonita, tempat piknik keluarga (Bom Retiro), serta udara sejuk di The Floresta da Tijuca.

Tijuca_Forest_by_HamirElManesseOpening hours Hutan Tijuca adalah setiap hari mulai pukul 08.00-17.00. Untuk mencapai Tijuca National Park, Anda dapat menggunakan alat transportasi umum berupa bus (nomor 221, 233, 234) dan metro dengan tujuan Saens Pena. Kemudian naik bus ke arah Barra da Tijuca, dan turun di Alto da Boa Vista. Apabila ingin menggunakan transportasi pribadi, Anda dapat menyewa mobil jip di pusat kota. Perjalanan menggunakan mobil jip hanya memerlukan sekitar 15 menit dari pusat kota Rio de Janeiro ke Hutan Tijuca.

Ada banyak destinasi wisata di sekitar Hutan Tijuca, seperti Jardim Botanico, Cristo RedentorPantai Ipanema dan Copacabana, Sugar Loaf Mountain.

Apabila Anda ingin menginap di sekitar Taman Nasional Tijuca, ada beberapa pilihan tempat menginap yakni, Boutique Hotel Gavea Tropical, Promenade Leblon Inn Hotel, Monsieur Le Blond Apart Hotel, dan Vila Carioca Hostel Hotel.

Peta Lokasi Hutan Tijuca

View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 9 Oktober 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • trasportasi di brazil

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,