4943997-Sugar_Loaf_2nd_Mountain_Rio_de_Janeiro

Apa yang ada di benak Anda jika mendengar nama Gunung Gula Roti ? barangkali sebagian dari kita mengira tempat ini memproduksi gula atau kawasan gunung yang menghasilkan makanan manis. Sayangnya, semua tebakan Anda salah. Ya, Gunung Gula Roti adalah nama lain dari Gunung Sugar Loaf yang ada di Rio de Janeiro Brazil.

Gunung Sugar Loaf adalah puncak tertinggi di teluk Guanabara, berada di ketinggian 2339 kaki di atas

permukaan laut. Nama Sugar Loaf muncul pada abad ke-16 di saat masa kejayaan perdagangan tebu di Brazil. Menurut ahli sejarah Brazil, Vieira Fazenda, pada masa itu gula roti (loaf sugar) yang akan diangkut melalui kapal diletakkan dalam cetakan berbentuk kerucut dari tanah liat. Karena ditemukan kemiripan antara bentuk cetakan gula dengan puncak gunung, maka orang-orang mulai menyebutnya sebagai Gunung Sugar Loaf atau dalam bahasa Portugis, Pão de Açucar.

235247427156700Untuk mencapai puncak Gunung Sugar Loaf, Anda dapat menggunakan cable car (kereta gantung). Rasa bosan karena harus mengantri giliran naik kereta gantung akan langsung terlupakan, digantikan oleh pemandangan alam luar biasa dari cable car yang lewat di antara pegunungan Hutan Tijuca dan laut. Ada dua tahap untuk mencapai puncak Gunung Sugar Loaf. Pertama, cable car akan naik hingga mencapai ketinggian 700 kaki, berhenti di Bukit Urca (Morro de Urca), Gunung Corcovado. Kedua, cable car akan terus naik dan berhenti di ketinggian 1300 kaki, monumen tentang sejarah militer Brazil, patung komposer terkenal Polandia Frederic Chopin, hasil foto dengan latar belakang Kota Rio secara keseluruhan dapat Anda temukan di puncak Gunung Sugar Loaf.

Dalam perjalanan menuju atau balik dari puncak Gunung Sugar Loaf, para wisatawan biasanya menyempatkan untuk singgah di Morro de Urca, desa yang letaknya paling dekat dengan puncak gunung. Di Urca, Anda dapat menikmati suasana kota tua, dan apabila tidak mendung, pemandangan matahari terbenam selalu menjadi incaran kamera para pengunjung untuk diabadikan. Mengingat semua pemandangan Pão de Açucar hanya bagus di saat cuaca cerah, baik siang ataupun malam hari, waktu terbaik untuk mengunjungi Rio de Janeiro adalah bulan Desember-Maret.

Cable car ke Gunung Sugar Loaf dapat diakses dari Praia Vermelha, beroperasi setiap hari dari dari jam 08.00 hingga 21.00. Namun, kantor tiket hanya buka dari pukul 08.00-22.00 waktu setempat. Untuk harga cable car, lebih baik langsung lihat di laman Sugarloaf Cable Car karena dapat berubah sewaktu-sewaktu.

6147624-Sugar_Loaf_Rio_de_JaneiroSelain Desa Urca, terdapat beberapa objek wisata yang bisa Anda kunjungi di sekitar Gunung Sugar Loaf seperti Jardim Botanico, Hutan Tijuca, dan Patung Cristo Redentor.

Selama liburan di Gunung Sugar Loaf, ada beberapa pilihan tempat menginap yakni Vina Del Mar Hotel, Rio’s Presidente Hotel, dan Hotel Atlantico Business.

Peta Lokasi Gunung Sugar Loaf.

View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 6 Oktober 2013

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • Pegunungan Sugarloaf
  • Peta gunung roti
  • sugarloaf mountain brazil itu ada gula
  • wisata sugarloaf mountain

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,