museudeartemoderna

Museu de Arte Moderna atau Museum of Modern Art (MAM) Rio adalah sebuah museum seni yang terletak di Parque do Flamengo atau taman tepi laut Flamengo, pusat kota Rio de Janeiro, tidak jauh dari stasiun metro Cinelandia. Memiliki bangunan modern beton dan kaca yang mencolok berbentuk mirip sayap pesawat terbang. Bangunan tersebut dirancang oleh salah satu tokoh arsitektur modern Brazil yang juga bertanggung jawab dalam tim desain Gustavo Capanema Palace, yaitu Afonso Reidy.

mam-museu-de-arte-modernaMAM Rio adalah salah satu museum seni paling penting karena menjadi acuan nasional dalam bidang seni modern dan seni kontemporer dari Brazil. Salah satunya karena museum ini menyimpan karya-karya seni Gilberto Chateaubriand yang berjumlah 7000 lembar. Museum of Modern Art juga memiliki koleksi lebih dari 1700 karya seni, termasuk koleksi permanen 6.400 karya seniman Brazil, dan arsip film Brazil yang mencapai 20.000 judul.

Di MAM Rio, Anda dapat menikmati koleksi karya seniman Brazil terkemuka seperti Di Cavalcanti, Maria Martins and Neoconcretists – Helio Oiticica, Lygia Clark, Wyllis de Castro, Franz Weissman. Beberapa kreasi seniman Amerika Latin seperti Jorge de la Vega, Guillermo Kuitca, Xul Solar dan Antonio Segui dari Argentina atau Joaquín Torres Garcia dari Uruguay juga turut dipamerkan.

 Selain itu Fernand Léger (Perancis), Alberto Giacometti (Swiss), Carlo Carrà (Italia), Barry Flanagan (Wales) dan Henry Moore (Inggris) adalah beberapa seniman internasional yang karyanya dapat Anda lihat di MAM.

 Koleksi pribadi penting lain yang terdapat di MAM Rio adalah koleksi Joaquim Paiva  berupa 1500 foto oleh fotografer internasional, kurator, sekaligus kritikus seni Esther Emilio Carlos.

dsc2882Selain menikmati karya seni para seniman nasional hingga internasional. Jangan lewatkan untuk menyaksikan pemandangan abstrak sebuah taman indah rancangan arsitek Brazil, Roberto Burle Marx di teras lantai dua museum. Selain sebagai tempat penyelenggaraan pameran, Museum of Modern Art juga sering dipergunakan untuk pertunjukkan musik dan penayangan film-film indie Brazil.

Museu de Arte Moderna menjadi favorit para seniman karena selalu menyajikan pameran seni nasional maupun internasional yang berbeda-beda setiap waktunya. Informasi tentang pameran dan senimannya tersedia dalam bahasa Portugis dan bahasa Inggris. Untuk melihat pameran apa yang sedang berlangsung, lihat laman http://www.mamrio.com.br/.

MAM Rio buka hari Selasa-Minggu, mulai pukul 12.00-18.00, dan hingga pukul 19.00 di akhir pekan. Harga tiket MAM Rio, R$ 8,00 (umum), R$ 4,00 (pelajar dan lansia), gratis untuk anak di bawah 12 tahun. Anda dapat menggunakan taksi atau metro dari downtown, dan turun di subway Cinelandia.

Saat Anda berkunjung ke Rio sempatkan untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata seperti Cristo Redentor, Pantai Ipanema dan Gunung Gula Roti.

Jika ingin beristirahat dan menikmati kawasan Santa Teresa lebih lama Anda bisa menginap di Mengo Palace Hotel, Benidorm Palace Hotel, dan Cidade Maravilhosa Hostel.

Peta lokasi Museu de Arte Moderna.

View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 16 Oktober 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,