ST1

st2Santa Teresa adalah nama dari salah satu wilayah yang terletak di daerah perbukitan pusat Kota Rio de Janeiro. Awal mula kawasan ini berasal dari keberadaan Biara Santa Teresa yang dibangun pada tahun 1970 di atas Bukit Desterro.

Pada akhir abad 19 dan awal abad 20, Santa Teresa merupakan lingkungan untuk warga kelas atas Rio, dibuktikan dari adanya rumah-rumah megah yang masih dapat dilihat hingga sekarang.

Pada tahun 1896, saluran air Carioca yang dibangun untuk mengalirkan air dari bukit ke kota pada zaman kolonial dirubah menjadi jalan untuk Santa Teresa Tramway atau Santa Teresa Bonde Plan.

tramPerjalanan Bonde dimulai dari pusat kota, dekat Largo de Carioca, melintasi saluran air tua, jalan Santa Teresa yang sempit dan berkelok-kelok, dan yang paling ditunggu-tunggu adalah pemandangan indah saat menuruni lereng bukit. Jalur tram bersejarah tersebut sempat menjadi favorit para wisatawan sebelum akhirnya terjadi kecelakaan pada bulan Agustus 2011.

Layanan Santa Teresa Bonde Plan akhirnya ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan. Sejak layanan Bonde ditutup semenara dan karena letaknya di perbukitan, para wisatawan yang hendak berkunjung ke Santa Teresa dapat mengambil metro dan berhenti di subway Catete dan Largo do Machado. Dari kedua subway tersebut Anda harus bersiap-bersiap hiking untuk mencapai bukit Santa Teresa.

santa teresa (5)

Walaupun Santa Teresa tidak lagi menjadi lingkungan warga kelas atas, namun telah dihidupkan lagi sebagai hotspot artistic. Santa Teresa adalah rumah bagi para seniman di Rio, banyak galeri dan studio seni dibuka disini, bahkan orang-orang biasa menyebutnya “The Hilly Bohemian District”. Salah satu penduduk paling terkemuka di Santa Teresa adalah Raimundo Otoni Castro Maya, seorang kolektor seni, yang tinggal di sebuah rumah besar bernama Chácara do Céu.

Rumah Raimundo tersebut kemudian dirubah menjadi Museu da Chácara do Ceu, di dalam museum Anda dapat melihat pameran seni karya Matisse, Jean Metzinger, Eliseu Visconti, Di Cavalcanti, dan Candido Portinari. Museum lainnya, Museu do Bonde, museum ini menceritakan tentang asal-usul dan sejarah Santa Teresa Tramway.

Saat Anda berkunjung ke Rio sempatkan untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata seperti Cristo Redentor, Pantai Ipanema dan Gunung Gula Roti.

Jika ingin beristirahat dan menikmati kawasan Santa Teresa lebih lama Anda bisa menginap di Relais & Chateaux Santa Teresa Hotel, Rio Hostel Santa Teresa, dan Hotel Pouso Real.

Peta lokasi Santa Teresa.

View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 16 Oktober 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • foto kota rio de janeiro
  • tempat wisata santa jalur

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,