capoeiraPernahkan Anda melihat orang-orang melakukan gerakan bela diri yang dilakukan sambil menari diiringi musik? Ya, itu adalah seni bela diri khas Brazil, capoeira.

Sejarah Capoeira berawal dari budak Afrika di Brazil pada tahun 1500-an. Para budak itu dibawa oleh orang-orang Portugis ke Brazil untuk bekerja di perkebunan besar. Para budak itu kerap mendapatkan siksaan dari majikan atau tuan tanah mereka. Untuk membela diri, lantas mereka menciptakan bela diri capoeira. Gerakkan capoeira yang mirip tarian memang disengaja, karena para budak menginginkan gerakkan mereka dianggap sebagai sebuah tarian, bukanlah sebagai bela diri.

imagesSeiring perkembangan jaman, capoeira mulai dipelajari oleh orang-orang kulit putih ketika hukum tentang penghapusan perbudakan mulai berlaku di Brazil. Hingga akhirnya capoeira menyebar keseluruh penjuru Brazil.

Dalam sebuah pertarungan, capoeira biasanya diiringi oleh permainan musik. Jaman dulu alat musik yang digunakan adalah berimbau (sebuah lengkungan kayu dengan tali senar yang dipukul dengan sebuah kayu kecil untuk menggetarkannya) dan atabaque (gendang besar). Musik ini pula yang mengkamuflase latihan capoeira menjadi sebuah gerakan tarian pada masa perbudakan di Brazil dulu.

Ketika seorang budak melarikan diri ia akan dikejar oleh pemburu profesional bersenjata yang bernama capitães-do-mato (kapten hutan). Biasanya capoeira adalah satu-satunya bela diri yang dipakai oleh budak tersebut untuk mempertahankan diri. Pertarungan mereka biasanya terjadi di tempat lapang dalam hutan yang dalam bahasa tupi-guarani (salah satu bahasa pribumi di Brazil) disebut caá-puêra–beberapa ahli sejarah berpendapat bahwa inilah asal dari nama seni bela diri tersebut.

Di negara asalnya, capoeira sempat dilarang pada tahun 1890. Orang-orang yang kedapatan berlatih capoeira  akan ditahan dan disiksa. Hingga akhirnya pada tahun 1932, capoeira  kembali berkembang, seiring mulai tumpulnya peraturan pelarangan capoeira. Hal ini ditandai dengan dibukanya sekolah capoeira pertama di Salvador oleh Mestre Bimba.

681x454Sang Guru (mestre) Bimba, mengadakan sebuah pertunjukan untuk Getúlio Vargas, Presiden Brazil pada waktu itu, dan ini merupakan permulaan yang baru untuk Capoeira. Mulai didirikan akademi-akademi, agar publik dapat mempelajari permainan Capoeira. Nama-nama yang paling penting pada masa itu adalah Vicente Ferreira Pastinha (Sang Guru Pastinha), yang mengajarkan aliran Capoeira de Angola, yang sangat tradisional, dan Mestre Bimba, yang mendirikan aliran dengan beberapa inovasi yang ia namakan Capoeira  de Regional.

Gerakan dasar dari bela diri capoeira disebut ginga. Berbeda dengan seni bela diri lain yang mengharuskan mereka diam dalam posisi siap bertempur, ginga adalah gerakan tubuh yang berkelanjutan dan bertujuan untuk mencari waktu yang tepat untuk menyerang atau mempertahankan diri. Beberapa gerakan dasar lainnya adalah  handstandbackflipheadspin  dan handstand whirling. Sedangkan, gerakan lanjutan capoeira terdiri dari au, macaco, macaquinhoa, bencao, dan martelo.

Saat Anda berkunjung ke Brazil sempatkan untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata seperti Patung Cristo Redentor, Petropolis, dan The Theatro Municipal.

Jika ingin beristirahat Anda bisa menginap di Mar Brasil Hotel, Catussaba Business Hotel, dan Villa Dos Corais Hotel.

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 31 Oktober 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • capoeira
  • buku panduan capuera
  • ahli capoeira
  • tampilkan gerakan bela diri capoeira
  • permainan gendang amerika
  • harga gendang kapuera
  • capuera dari negara
  • capoeira amerika
  • beladiri yang seperti menari
  • beladiri sambil menari

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,