trioApa bedanya karnaval Salvador-Bahia dengan karnaval Rio? Tidak diragukan lagi, karnaval Rio merupakan tontonan yang paling indah di dunia, tetapi, apabila Anda mencari kesenangan dalam karnaval jalanan secara langsung, karnaval di Salvador adalah right place to go. Orang-orang di Brazil sering berkata, “If in Rio you are a spectator of the parade, in the Salvador Carnival, you are the show!”.

Jika di Rio, karnaval berlangsung selama empat hingga lima hari, karnaval di Salvador berlangsung selama satu minggu di akhir bulan Februari hinggal awal Maret tiap tahunnya. Apabila di Rio karnaval dilakukan sepanjang 700 meter di tempat tertutup, sedangkan karnaval Salvador dilangsungkan di jalan-jalan terbuka Salvador sepanjang beberapa kilometer panjangnya. Ada dua rute utama karnaval, yaitu Campo Grande – Praca Castro Alves Circuit, dan Barra – Ondina Circuit, masing-masing rute minimal mempunyai jarak sekitar dua kilometer.

Dibandingkan dengan karnaval Rio yang merupakan tradisi perayaan musim semi, karnaval di Salvador mempunyai sejarahnya sendiri.

carnaval_de_salvador_de_bahia_brasil_21f8be3b5b82bfdfb36d4bf1c1Pada tahun 1880-an, penduduk kulit hitam memperingati hari karnaval dengan caranya sendiri, ditandai dengan Yoruba, yaitu bermain musik sekaligus menari di jalanan. Kegiatan seperti Yoruba dianggap sebagai primitif oleh masyarakat kulit putih kelas atas, dan kelompok ini dilarang berpartisipasi dalam Karnaval Bahia yang resmi, dimana pesertanya didominasi oleh elit konservatif lokal. Kelompok-kelompok menentang larangan tersebut dan terus melakukan tarian mereka.

Pada tahun 1970, empat jenis utama dari kelompok karnaval dikembangkan di Bahia, yaitu kelompok Afoxês, Trios Elétricos, Amerindian, dan Blocos Afros. Afoxês menggunakan irama keagamaan terinspirasi dari  Candomblé . Trios Elétricos dikenal dari truk besar yang dilengkapi dengan sound speaker raksasa dan sebuah platform di mana musisi memainkan lagu-lagu genre lokal seperti Axe. Orang-orang mengikuti di belakang truk sambil menyanyi dan menari. The Amerindian adalah kelompok yang terinspirasi oleh film Barat dari Amerika Serikat, mereka berpakaian seperti penduduk asli Amerika dan mengambil nama asli Amerika. Blocos Afros atau kelompok Afro, dipengaruhi oleh gerakan kemerdekaan Afrika dan Black Pride Movement di Amerika Serikat, menggunakan genre musik reggae yang mencela rasisme dan penindasan.

Sekarang, karnaval Salvador sebagian besar diramaikan oleh Trio Eletricos, walaupun masih ada Blocos Afros dan Afoxês.

cordeiros-carnavalSecara umum, Trio Eletricos adalah sebuah panggung musik berjalan yang terdapat di atas sebuah truk besar yang dikelilingi oleh tali yang dijaga ratusan petugas keamanan.  Untuk dapat masuk ke area di dalam tali, Anda harus membeli tiket berupa T-shirt yang disebut abada dengan harga mulai dari R$120 hingga R$1090. Sedangkan untuk orang-orang yang berada di luar tali dan tidak membeli abada disebut pipoca.

Lalu lintas di Salvador menjadi sangat ramai dan tidak dapat diprediksi selama karnaval berlangsung. Untuk memudahkan akses ke tempat karnaval, sebaiknya Anda mencari tempat menginap di daerah yang dekat dengan karnaval seperti Barra, Ondina, Vitoria dan Pelourino.

Saat Anda berkunjung ke Brazil sempatkan untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata seperti Patung Cristo Redentor, Petropolis, dan Museu de Arte Moderna. Apabila ingin menginap, ada beberapa pilihan hotel, seperti Hotel Planeta Itapua, Tamboleiro Hospedaria Hotel, dan Catussaba Hotel.

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 12 November 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • budaya di balahia

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , ,