foto: www.ourphototalk.com

foto: www.ourphototalk.com

Menjelajahi obyek wisata di Argentina rasanya memang tak pernah habis. Berbagai wisata alam yang ditawarkan negeri tango ini membuat banyak turis mancanegara ingin mengunjunginya. Salah satu yang tak boleh dilewatkan yaitu Ushuaia. Daya tarik utama wisata ini terletak pada predikatnya sebagai kota di ujung dunia. Penasaran?

ushuaia-argentinaUshuaia merupakan ibukota dari provinsi Tierra del Fuego Argentina. Lokasinya di utara adalah gunung Martial dan di selatan adalah kanal atau selat Beagle. Kota ini menjadi tempat liburan populer, khususnya warga yang berasal dari Buenos Aires. Untuk mendapatkan gelar sebagai “kota di ujung dunia”, Ushuaia harus bersaing dengan Chili yang juga mengklaim kota Punta Arenas sebagai kota yang paling ujung selatan. Tampaknya kota Ushuaialah yang memenuhi persyaratan untuk menyandang gelar tersebut sebab keberadaanya yang mendekati kutub selatan yakni benua es Antartika.

Ushuaia menjadi kota wisata utama di Tierra del Fuego, lengkap dengan kasino dan restoran yang bagus. Di Ushuaia Anda bisa melihat pamandangan alam yang sangat indah. Menariknya, kota ini merupakan gerbang utama untuk bermain ski di Cerro Castor dan Glaciar Martial. Pada musim dingin suhu di wilayah ini bisa mencapai minus 5°C. Karena cuacanya yang selalu dingin ini, kota Ushuaia disebut-sebut sebagai arena ski dengan musim terlama di Amerika Latin.

foto: www.cnfle.com

foto: www.cnfle.com

Tak hanya itu, di kota ujung dunia ini wisatawan dapat menikmati petualangan alam liar dengan pinguin dan paus orca di Selat Beagle. Serta bisa juga menjelajahi Taman Nasional Tierra del Fuego dan Teluk Lapataia. Taman-taman tersebut bisa dijangkau dengan melewati jalan bebas hambatan atau lewat jalur kereta ‘the end of the world’ (ujung dunia). Di kota Ushuaia Anda juga bisa mengunjungi museum yang memiliki berbagai koleksi mengenai peninggalan kependudukan Inggris dan Yamana. Di sini  juga terdapat mercusuar yang bernama Les Eclaireurs. Uniknya, mercusuar tersebut sering diklaim sebagai mercusuar di ujung dunia, karena hanya satu-satunya yang berada di ujung selatan bumi.

Yang menarik, kota ini juga merupakan pelabuhan singgah terdekat ke Antartika. Hal ini membuat Ushuaia menjadi tujuan wisata yang unik untuk bermain kayak, berlayar atau menikmati minuman di sebuah bar hotel yang hangat. Di samping itu, para turis bisa melakukan perjalanan mengunjungi satwa laut dan binatang khas benua Antartika yakni penguin.

ushuaia-and-pinguinWisatawan juga dapat menjelajahi tempat koloni burung dan anjing laut dengan menggunakan katamaran, sejenis perahu kecil. Terdapat sebuah pulau kecil yang dihuni oleh jenis burung yang bernama Comoran dalam jumlah ribuan membentuk koloni. Burung yang cekatan ini sering dimanfaatkan oleh para petani di Jepang dan China untuk menangkap ikan. Caranya yakni mereka memberi gelang dengan ukuran tertentu di leher burung yang dijinakkan. Jika burung itu menangkap ikan yang lebih besar, maka ikan tersebut tidak akan bisa ditelan karena kerongkongannya tidak seelastis seperti didalamnya. Petani akan mengambil ikan yang lebih besar, sedangkan ikan yang kecil untuk si burung tersebut. Tidak jauh dari tempat itu ada koloni anjing laut atau seal. Mamalia laut ini berjumlah ratusan ekor. Mereka berjemur dan tidak terganggu oleh katamaran yang membawa para pengunjung mendekati pulau kekuasaannya.

foto: www.goista.com

foto: www.goista.com

Oya, kota ini ternyata menyimpan sejarah yang menarik. Jika di Indonesia ada Nusa Kambangan, kota inipun punya peran yang sama. Pada awal abad dua puluhan, Ushuaia ditetapkan oleh pemerintah Argentina sebagai tempat pembuangan para kriminal kelas kakap. Para tahanan tidak akan bisa melarikan diri dari pulau terpencil ini. Mereka memotong kayu-kayu dari hutan setempat untuk membangun rumah. Bahkan mereka juga melakukan kerja paksa untuk membangun rel kereta api dan pelabuhan. Hasil kerja para tahanan ini menjadi sejarah tersendiri bagi kota Ushuaia, sekaligus menjadi atraksi wisata bagi para turis.

Anda tertarik untuk mengunjungi kota di ujung dunia ini? Kota Ushuaia dapat ditempuh dengan menggunakan pesawat terbang atau kapal dari Buenos Aires. Dari ibukota Argentina, wisatawan dapat naik pesawat Boeing 747. Dengan lapangan udara internasionalnya, Ushuaia secara regular menerima penerbangan pesawat tersebut dari Buenos Aires dan Santiago, Chili. Jika naik kapal, Anda dapat naik kapal pesiar dengan tujuan Ushuaia. Pelabuhan laut di kota ini adalah pelabuhan utama bagi turis yang pergi ke Antartika dan merupakan lalu lintas para peneliti. Kapal-kapal pesiar yang mengunjungi Pulau Malvinas dan Antartika juga melewati tempat ini sebagai tempat persinggahan.

Sempatkan pula untuk  mengunjungi obyek wisata  menarik lainnya seperti Recoleta, La Boca, Perito Moreno Glaciers, lautan garam The Salinas Grandes, dan wisata anggur eksotis di beberapa kota di Argentina. Selama di negeri tango ini Anda dapat menginap di beberapa hotel seperti Costa Ushuaia HotelHosteria del Recodo Hotel, Terrazas Del Beagle Hotel, Patagonia Villa Lodge Hotel, dan lain-lain.

Peta lokasi. View larger map
 

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada  6 Mei 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • ujung dunia
  • kota ujung dunia
  • kota ushuaia
  • kota argentina
  • mercusuar ujung dunia
  • ushuaia keindahan
  • ujung dunia ushuaia
  • ujung dunia argentina
  • kota kecil diujung dunia
  • perjalanan ke ushuaia

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,