petropopicBerada ditengah-tengah kawasan hutan dan perbukitan Serra Fluminense, di Rio de Janeiro, Petropolis terkenal sebagai summer holiday spot.

4421662-Don_Pedro_Collegebeautiful_PetropolisSejarah awal mula keberadaan Petropolis berawal dari Kaisar Pedro I yang beristirahat di sebuah lahan pertanian milik seorang pendeta bernama Padre Correia dalam perjalanannya menuju Minas Gerais pada tahun 1822. Pedro merasa senang dengan suasana dan cuaca di lahan pertanian tersebut. Sehingga Pedro berpikir akan baik untuk memiliki istana musim panas dimana dia bisa menerima tamu dari Eropa yang jauh dari cuaca panas di Rio.  Pasca kembalinya Kaisar Pedro I ke Portugal, lahan pertanian tersebut diberikan kepada anaknya, Kaisar Pedro II. Jadilah sebuah istana musim panas, lengkap dengan katedral, serta rumah-rumah mewah di sekitarnya. Orang-orang menyebutnya sebagai “The Imperial City of Brazil”.

Ada beberapa spot wisata yang dapat Anda kunjungi saat di Petropolis:

Petropolis-photo218-5The Imperial Museum. Museu Imperial dibangun antara 1845 dan 1862, bangunan yang awalnya menjadi kediaman musim panas Kaisar Pedro II itu, kini dibuka untuk umum sejak tahun 1943 oleh Presiden Getúlio Vargas.

Beberapa benda yang paling penting dalam sejarah Brazil disimpan di Museu Imperial, termasuk pena bulu emas yang digunakan oleh Putri Izabel (putri Kaisar Pedro II) untuk menandatangani Lei Aurea, hukum yang membebaskan budak di Brazil pada tahun 1888. Jam buka museum mulai pukul 11:00-18:00, hari Selasa-Minggu. Tiket masuk untuk dewasa R$8, dan pelajar R$4.

Petropolis-2Cathedral of St. Peter of Alcântara. Tempat pemakaman Kaisar Pedro II dan istrinya, Dona Theresa, beserta Putri Izabel. Jam buka katedral mulai pukul 08.00 – istirahat siang, dan dibuka lagi pukul 14.00-18.00, hari Selasa-Minggu. There is no fee for entrance. Gratis.

Palacio de Cristal (Crystal Palace), buka mulai pukul 9:00-17.30, Selasa-Minggu.  Crystal Palace adalah sebuah rumah kaca yang dibangun untuk Putri Izabel di Perancis dan dibawa ke Brazil pada tahun 1884. Gratis.

Museum Casa de Santos Dumont. Rumah musim panas sederhana dari Santos Dumont, lebih dikenal sebagai A Encantada. Dulunya museum ini adalah rumah pribadi Alberto Santos Dumont, bapak penerbangan Brazil dan juga penemu arloji. Museu Casa de Santos Dumont buka hari Selasa-Minggu, mulai pukul 09.30-17.00

Cervejaria Bohemia. Bagi pecinta bir, Anda dapat mengunjungi Cervejaria Bohemia yang merupakan sumber dari semua produksi salah satu brews terbaik di negara bagian sampai saat ini. Cervejaria Bohemia adalah salah satu situs budaya negara tentang sejarah penyulingan bir tertua di Brazil.

Selain istana musim panas dan beberapa museum, Petropolis adalah tempat pusat penelitian bagi National Laboratory for Scientific Computing (LNCC), sebuah unit penelitian dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pemerintah Federal Brazil.

petropolis-rio-crystal-by-rodrigo-soldonUntuk mencapai Petropolis, dari centrum Rio de Janeiro, ambil bus nomor 100 atau 107 ke Pusat Petrópolis, lama perjalanan sekitar 30 menit. Anda juga dapat naik bus dari Rio Rodoviaria Novo Rio (R$20) berangkat ke stasiun bus Petrópolis setiap 15 menit, dan perlu diingat ambillah kursi di sisi kiri karena menawarkan pemandangan yang indah sepanjang perjalanan. Apabila Anda ingin lebih santai, cukup keluarkan uang sekitar R$25 untuk ongkos taksi.

Ada banyak destinasi ekowisata lain di Rio de Janeiro yang dapat Anda kunjungi, seperti Jardim Botanico, Hutan Tijuca, dan Pantai Ipanema.

Apabila Anda ingin menginap di sekitar Petropolis, ada beberapa pilihan tempat menginap yakni, Transamerica Prime Barra HotelPromenade Barra First Hotel, dan Villa Del Sol Residencia.

Peta Lokasi Petropolis Rio de Janeiro.

View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 23 Oktober 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • cagar alam brazil
  • petropolis indah brazil

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,