Argentina merupakan salah satu negara yang menjadi kiblat sepakbola dunia. Terbukti tim tango pernah menjuarai Piala Dunia sebanyak dua kali yakni tahun 1978 dan 1986. Selain berhasil menyabet trofi Piala Dunia pada tahun 1978, waktu itu Argentina juga berperan sebagai tuan rumah di ajang bergengsi tersebut. Pertandingan sepakbola dunia 4 tahunan itu dihelat di Stadion El Monumental, Buenos Aires. Stadion inilah yang menjadi saksi kemenangan para punggawa timnas Argentina.

foto: http://www.wikistadiums.org

foto: www.wikistadiums.org

Stadion El Monumental yang memiliki nama resmi Estadio Monumental Antonio Vespucio Liberti ini terletak di Belgrano, distrik Buenos Aires, Argentina tepatnya di persimpangan Figueroa Alcorta dan Udaondo. Stadion ini merupakan markas bagi klub Atlético River Plate atau lebih dikenal River Plate -tim sepak bola di Argentina- dan diberi nama oleh mantan presiden klub yakni Antonio Vespucio Liberti. Stadion ini juga dikenal dengan Estadio Monumental de Nunez, namun lebih sering disebut sebagai El Monumental dan dianggap sebagai Stadion Nasional Argentina.

Stadion tertua di Argentina ini dibuka pada 1938 silam, lalu direnovasi dan didesain ulang pada 1978 sebelum negeri tango menggelar kejuaraan Piala Dunia. Sejarah pembangunan stadion ini sendiri dimulai pada tahun 1934, ketika klub River Plate telah mencapai 33 tahun perjalanannya dan mereka telah memperoleh gelar sebagai klub amatir dan profesional di Argentina. Pada saat itu klub ini dikenal sebagai “millonario” karena kontrak mereka yang mahal. Klub inipun berniat untuk membangun stadion sendiri sebagai markas sekaligus tempat latihan mereka.

foto: www.stadiumvibe.com

foto: www.stadiumvibe.com

Pada 31 Oktober 1934 mereka membeli sebidang tanah seluas 83.950 m² untuk membangun stadion baru di Belgrano. Proses pembangunan memakan waktu dua tahun, dan karena anggaran dana yang tidak mencukupi maka pembangunan di bagian stand utara harus ditunda selama bertahun-tahun. Akhirnya pada tahun 1938 pembangunan stadion ini berhasil diselesaikan.

Mei selalu menjadi bulan yang baik bagi masyarakat Buenos Aires sehingga mereka memilih untuk meresmikan stadion baru itu pada bulan Mei 1938, tepatnya pada 26 Mei 1938. Peresmian dan pembukaan stadion El Monumental ini dimeriahkan dengan pertandingan persahabatan antara River Plate dan Peñarol of Uruguay, dengan kemenangan 3-1 bagi tuan rumah.

foto: www.wikimedia.org

foto: www.wikimedia.org

Stadion berkapasitas 57.921 tempat duduk ini didedikasikan untuk menyajikan pertandingan sepakbola dengan kapasitas yang lebih besar di Argentina, dan menjadi salah satu yang terbesar di Amerika Latin. Kompleks stadion juga memiliki fasilitas untuk tenis, basket, dan olahraga lainnya. Selain itu stadion El Monumental ini juga dilengkapi tempat tinggal bagi para pemain muda, ruang teater, tempat parkir, museum, dan lain-lain.

How to Get There
Lokasi El Monumental berada di sebelah utara kota Buenos Aires di area Belgrano, tepatnya berada di tepi sungai Rio de La Plata, sekitar 9 km dari pusat kota Microcentro, dan 5 km dari kawasan hiburan malam terkenal di Palermo. Stadion ini dapat diakses dengan kereta api dan beberapa jalur bus seperti jalur 28, 42, 107 dan 130.

Dari stasiun Congreso de Tucuman, stadion ini dapat dicapai dengan berjalan kaki selama kira-kira 20 menit. Dari sini Anda harus berjalan ke arah utara Avenida Congreso hingga sampai lokasi. Dari stasiun bus dan kereta Retiro, stadion El Monumental dapat dicapai dengan kereta commuter lokal Ferrovias. Di sana terdapat layanan dari Retiro ke stasiun Scalabrini Ortiz, yang berjarak sekitar 5 menit dari stadion dengan berjalan kaki. Layanan kereta lainnya yaitu dari Retiro ke stasiun Belgrano atau Nunez. Dari kedua stasiun ini Anda bisa berjalan sekitar 20 menit. Berbeda dengan kebanyakan stadion lain di daerah Buenos Aires, terdapat tempat parkir mobil yang cukup besar di luar stadion.

Saat berada di Argentina, sempatkan pula mengunjungi obyek wisata terkenal lainnya seperti Perito Moreno Glaciers, The Salinas Grandes, La Boca, La Recoleta, dan lain-lain. Anda dapat menginap di hotel terdekat seperti Ayres De Libertad Hotel, Hosteria Roblesur Hotel, Hostel Tango Argentina, Las Dunas Hotel, dan lain-lain saat berlibur di negeri tango ini.

Peta lokasi. View larger map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada  19 April 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • stadion el monumental
  • stadion terbesar di argentina
  • stadion argentina
  • foto stadion timnas argentina
  • stadion monumental
  • nama nama stafion di argentina
  • nama stadion di argentina
  • stadion river plate
  • nama stadion timnas argentina
  • foto stadion argentina

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,