7741873282_b138377706_zThe Theatro Municipal Rio de Janeiro adalah gedung opera paling indah, dan paling megah di Brazil, terletak di pusat Kota Rio, yaitu daerah Cinelandia (Praça Marechal Floriano). Municipal Theatre adalah rumah untuk pertunjukkan seni opera, balet, dan musik klasik Brazil. Dibangun pada awal abad ke-20, dengan gaya eklektik, terinspirasi dari  Paris Opéra of Charles Garnier di Paris. Dinding luar gedung teater bertuliskan nama artis-artis klasik terkenal Brazil.

theatro-municipal-rioPada dua dekade pertama, Municipal Theatre hanya menampilkan pertunjukkan balet dan orkestra internasional. Kemudian pada tahun 1931, the Rio de Janeiro Municipal Theatre Orchestra mulai fokus tidak hanya pada karya-karya internasional, melainkan juga dalam negeri Brazil.

Hasilnya, ditampilkanlah sebuah pertunjukkan drama tentang kisah cinta melodramatis antara prajurit Indian Guarani dan putri dari tuan tanah kaya raya di Brazil. Pertunjukkan tersebut diangkat dari sebuah novel karya sastra pertama tentang tokoh protagonis masyarakat adat Brazil yang ditulis  pada tahun 1854.

Municipal Theatre memiliki 1700 kursi penonton yang menawarkan pertunjukkan seni luar biasa. Sarah Bernhardt, Maria Callas, dan Igor Stravinsky adalah sederetan nama artis terkenal yang pernah memikat penonton dari seluruh penjuru Brazil. Bahkan Presiden Brazil Lula da Silva dan Dilma Rousseff, serta Presiden Amerika Serikat, Barack Obama pernah menjadi salah satu penonton yang terpesona oleh Municipal Theatre.

reformatm21012010 (47)1Pertunjukkan di Gedung Opera biasanya berlangsung mulai Maret hingga Desember tiap tahunnya.  The Nutcracker adalah pertunjukkan penting di penghujung musim. Untuk update informasi tentang pertunjukkan serta harga tiket di Municipal Theatre lihat di www.theatromunicipal.rj.gov.br. 

Tidak diperlukan transportasi umum untuk mencapai Municipal Theatre apabila Anda sudah berada di pusat kota Rio de Janeiro. Letak Teatro Municipal sangat dekat Perpustakaan Nasional dan Musim Seni Rupa Nasional Brazil, serta menghadap ke arah Cinelandia Square di Praça Marechal Floriano.

Selain Municipal Theatre ada beberapa destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi selama di Rio de Janeiro, seperti Santa Teresa, Stadion Maracana, dan Museu de Arte Moderna.

Apabila Anda ingin menginap di sekitar The Theatro Municipal, ada beberapa pilihan tempat menginap yakni, Arcos Rio Palace Hotel, Hotel Americano, Aeroporto Othon Travel Hotel, dan Hotel Ok

Peta Lokasi Teatro Municipal,

View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 23 Oktober 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,