costa-rica-volcano-aerial

Kosta Rika telah lama dikenal sebagai surganya wisata alam oleh para wisatawan mancanegara dari seluruh dunia. Banyak turis yang menjadikan negara ini sebagai destinasi wisata mereka ketika berpetualang di Amerika Tengah. Salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi adalah Taman Nasional Arenal Volcano dan La Fortuna. Selain keanekaragaman hayatinya, taman nasional yang terletak di sebelah utara Kosta Rika ini memiliki daya tarik lain seperti keberadaan gunung berapi Volcán Chato setinggi 1.140 m yang sudah tidak aktif sejak  3500 tahun yang lalu dan sebuah kota kecil bernama La Fortuna.

Sebagian besar Taman Nasional Arenal Volcano merupakan hutan hujan primer dengan kelembaban udara yang cukup tinggi. Tidak heran, Arenal Volcano menjadi rumah yang nyaman bagi kelangsungan hidup ribuan jenis hewan dan tumbuhan.

toucan_tortuguero

Bahkan menurut penelitian para ahli, hampir 75% dari total 850 spesies burung di Kosta Rika dapat kita temukan di tempat ini. Beragam jenis hewan langka seperti kungkang, monyet kapuchin berwajah putih, rusa hingga ular besar seperti boa dan anaconda juga hidup bebas di taman seluas 12.140 hektar ini. Taman Nasional yang dibuka sejak tahun 1991 ini memiliki jenis tanaman yang bervariasi seperti Guayabo de monte, laurel, cirri, grek , heliconias, pakis, bromeliad dan sekitar 2.500 tanaman tropis lain khas hutan hujan Amerika.

Di tempat ini, kita dapat melakukan aktivitas lain seperti berkuda melintasi bukit atau rafting mengarungi jeram sungai Blancas Peñas, Toro dan Balsa. Setiap sungai memiliki suguhan pemandangan alam yang berbeda sesuai dengan pilihan pengunjung yang ingin mengikuti olahraga arung jeram ini. Jika belum cukup berani menjelajahi jeram sungai-sungai tersebut, Anda dapat melakukan olahraga air lainnya di Danau Arenal seperti kano, memancing atau menaiki perahu layar. Alternatif kegiatan lain yang cocok untuk dilakukan bersama keluarga adalah menikmati keasrian alam Arenal Volcano dengan melakukan hiking melewati air terjun La fortuna Waterfall. Air terjun setinggi 70 meter yang terletak sekitar 5 Km ke arah selatan La Fortuna Town ini menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi wisatawan ketika berada di Taman Nasional Arenal Volcano.

kano arenal

Ketika lelah, pengunjung dapat mampir ke sebuah kota kecil di dekat taman nasional bernama La Fortuna Town. Kota yang berjarak sekitar 6,4 km dari  Taman Nasional Arenal Volcano ini memiliki suasana yang hangat dan nyaman. Aksesnya yang mudah dijangkau serta kelengkapan fasilitasnya, membuat La Fortuna begitu kondang di kalangan turis mancanegara sebagai tempat transit ketika berkunjung ke Arenal Volcano. La Fortuna memiliki fasilitas penunjang wisata yang sangat lengkap untuk memenuhi kebutuhan turis yang berkunjung seperti restoran, tempat istirahat, toko keperluan sehari-hari, bank, tempat oleh-oleh dan lain sebagainnya. Dari tempat ini, pengunjung juga bisa melanjutkan wisata ke Gua Venado sekitar 3 km di luar kota Venado atau 45 menit berkendara dari La Fortuna.

Hamparan stalagmit, stalaktit dan sungai bawah tanah membuat kita serasa dibawa ke dunia lain yang sangat mendebarkan. Ketika menjelajahi Gua Venado, pengunjung akan melihat ratusan kelelawar yang menggantung di langit-langit, ikan berenang di antara kaki kita, dan katak berwarna unik menempel di bebatuan. Tempat yang sangat kami rekomendasikan bagi para penggemar petualangan alam. Jika Anda belum puas, maka pertualangan dapat dilanjutkan menuju ke ke Caño Negro National Wildlife Refuge, di dekat perbatasan dengan Nikaragua, tidak jauh dari tempat ini.

Arenal Volcano National Park dibuka setiap hari pada pukul 08.00-18.00. Biaya masuk ke tempat ini adalah sekitar $10 (10 Dollar Amerika) dan belum termasuk biaya operasional wahana wisata yang ada di dalamnya. Kami menyarankan Anda untuk menyewa kendaraan pribadi ketika berkunjung ke tempat ini karena akan membuat perjalanan kita lebih mudah dan murah. Selama berkunjung di tempat ini, kita dapat menginap di hotel-hotel yang kami rekomendasikan seperti Best Western Las Espuelas Hotel, Copacabana hotel and suites, Bahia Azul Hotel, Fuego Del Sol Hotel, La Paloma Blanca Hotel, atau Villa Creole Hotel. Kita juga dapat mengunjungi beberapa destinasi wisata terkenal lainnya di Kosta Rika seperti Rincon de la ViejaSanta Rosa dan Jaco.

Peta Lokasi View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 8 November 2013

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,