corcovado-parque-nacional-playa

Kosta Rika seakan tidak pernah kehabisan tempat wisata yang akan memanjakan para pecinta alam dari seluruh dunia. Negara penghasil kopi ini memiliki puluhan taman nasional dan kawasan konservasi yang bisa Anda masukan dalam daftar destinasi wisata ketika berkunjung ke Amerika Tengah. Dibandingkan dengan negara-negara lainnya, Kosta Rika memiliki paling banyak hutan hujan tropis yang dibuka sebagai lokasi wisata. Salah satu taman nasional yang terkenal adalah Corcovado National Park. Terletak di kawasan Osa Peninsula, Corcovado menawarkan pengalaman berharga bagi Anda yang gemar berpetualang di alam terbuka. Kehidupan berbagai satwa liar bisa kita lihat langsung di dalam hutan hujan seluas 425 km² yang belum banyak terjamah aktivitas manusia ini.

Corcovado National Park dijuluki sebagai Amazon of Costa Rica karena kehidupan alam liarnya yang beraneka ragam. Hutan hujan Corcovado merupakan habitat bagi lebih dari 400 jenis burung, 139 mamalia dan 116 spesies amfibi. Karena kondisi hutan yang jarang tersentuh oleh manusia, maka kita masih dapat menemukan ular-ular raksasa dengan panjang lebih dari 5 meter di sekitar rawa. Tidak hanya itu, buaya-buaya besar juga hidup bebas di aliran sungai Corcovado yang jumlahnya mencapai hingga ratusan ekor. Akses memasuki hutan Corcovado sangat terbatas, kita harus menggunakan kendaraan safari jika ingin benar-benar menjelajah ke dalam hutan. Beberapa titik seperti kawasan rawa-rawa memang tidak bisa diakses untuk kepentingan wisata. Selain karena berbahaya, pengelola taman nasional sengaja menutup tempat-tempat tertentu untuk wisatawan. Tujuannya tentu saja untuk menjaga kelestarian kehidupan satwa liar di hutan Corcovado.

Corcovado-tree-buttresses

Selain hiking dan bersafari menjelajah hutan, kita juga dapat menyusuri sungai Corcovado menggunakan perahu. Pemandangan indah hutan bakau di kedua sisi sungai akan menemani perjalanan kita hingga menuju lepas pantai. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sungai-sungai di Corcovado National Park adalah rumah bagi buaya air asin dan chaiman yang berukuran besar. Maka dari itu, kita tetap harus waspada dan mengikuti semua prosedur yang dianjurkan petugas taman nasional ketika berada di ata perahu. Pengunjung juga akan disuguhi pemandangan indah dari air terjun yang berada di sela-sela perbukitan hutan Corcovado. Sesampainya di laut, Anda akan diajak melihat gerombolan lumba-lumba dan penyu yang memang gemar berenang di sekitar pantai Corcovado menjelang sore hari.

Lokasinya yang cukup terpencil, membuat taman nasional yang didirikan sejak 24 Oktober 1975 ini belum banyak dieksplorasi sebagai kawasan wisata skala besar. Namun berkat keindahan alamnya, banyak pelancong dari negara lain yang rela menempuh jalanan tanah bergelombang untuk mencapai Corcovado National Park. Tidak heran meskipun relatif sulit untuk dijangkau, kawasan wisata ini memiliki banyak fasilitas penginapan mewah yang siap melayani setiap pengunjung yang datang. Bagi para backpacker, Anda tidak perlu khawatir karena Corcovado juga memiliki banyak hotel dan restoran dengan harga terjangkau. Pintu masuk utama taman nasional ini dapat dijangkau melalui Casa Corcovado Jungle Lodge yang berada di dekat San Pedrillo dan Stasiun Sirena. Corcovado National Park juga dapat dicapai dari Drake Bay dan Carate yang hanya beberapa kilometer dari Stasiun Leona La. Kita dapat menggunakan bus atau kendaraan pribadi menuju tempat ini.

corcovado

Corcovado National Park dibuka setiap hari Selasa hingga Minggu pada pukul 08.00 hingga 16.00. Harga tiket masuk Taman Nasional Corcovado sebesar 10 USD (10 Dollar Amerika). Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada saat musim hujan di bulan Mei hingga Desember ketika pasokan air di hutan Corcovado melimpah. Pada musim penghujan, kita akan dengan mudah menemukan ratusan burung yang terbang rendah dan satwa-satwa liar yang mencari makan di sekitar danau. Kondisi berbeda akan kita temui ketika berkunjung pada musim kemarau, danau dan sungai yang kering akan membuat burung-burung disini bermigrasi dan hewan-hewan mencari makanan di tempat lain. Kita juga dapat mengunjungi beberapa destinasi wisata terkenal lainnya di Kosta Rika seperti Rincon de la ViejaSanta Rosa dan Jaco.

Selama berkunjung di tempat ini, kita dapat menginap di hotel-hotel yang kami rekomendasikan seperti Best Western Las Espuelas Hotel, Copacabana hotel and suites, Bahia Azul Hotel, Fuego Del Sol Hotel, La Paloma Blanca Hotel, atau Villa Creole Hotel.

Peta Lokasi View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 9 Desember 2013

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya

Incoming search terms:

  • cara membuat corcovado
  • wisata buaya kosta rika

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , ,