Palo Verde

Berlibur di Kosta Rika tidak lengkap rasanya jika belum berkunjung ke taman nasional yang tersebar  di beberapa wilayahnya. Jika berbicara mengenai keberadaan taman nasional di Kosta Rika, maka tidak akan lepas dari Guanacaste. Guanacaste adalah provinsi yang memiliki jumlah taman nasional terbanyak di negara penghasil kopi tersebut. Tercatat sekitar sepuluh taman nasional berada di provinsi dengan luas 10.141 km² ini. Salah satu taman nasional yang menjadi destinasi wisata favorit di Guanacaste adalah Palo Verde National Park. Terletak di antara Sungai Bebedero dan Sungai Tempisque, taman nasional seluas 16.804 hektar ini resmi dibuka pada tanggal 20 Desember 1982.

Palo Verde National Park tergolong taman nasional dengan karakteristik unik karena keanekaragaman wilayahnya yang terdiri dari padang rumput deretan perbukitan. Sungai-sungai besar juga membelah kawasan Palo Verde menjadi beberapa bagian. Pepohonan taman nasional yang tidak selebat dahulu menyebabkan beberapa tempat disini mengalami banjir akibat meluapnya air Sungai Bebedero dan Sungai Tempisque pada musim penghujan.

Sama seperti taman nasional lain di Kosta Rika, Palo Verde memiliki kekayaan hayati yang sangat beragam. Mulai dari pohon besar di dalam hutan seperti espavel, Ciba, Pochote, Cibo Barrigon, Guayabón, Javillo hingga tanaman Tifa, Trista, Gamalote Zacate dan Platanilla di daerah rawanya. Bahkan beberapa pohon yang hampir punah seperti Cardones dan Guayacan bisa kita jumpai di kawasan perbukitan Palo Verde. Pepohonan lebat hutan Palo Verde juga merupakan habitat bagi sekitar 300 jenis burung yang terdapat di taman nasional ini. Bahkan sekitar 40 spesies diantaranya dapat dengan mudah kita temui ketika berada di kota-kota sekitar Palo Verde.

macaw4-w

Ribuan burung yang hidup bebas di taman nasional ini dapat kita amati dari The Bird Island, sebuah kawasan perlindungan khusus burung seluas 2,3 hektar yang berlokasi di bagian depan taman nasional. Tempat ini merupakan kawasan penting yang menjaga kelestarian beberapa jenis burung langka seperti Ibis Morito, Pato Aguja, Bangau Merah Muda, Bangau obvious dan Garcilla Bueyera. Burung-burung tersebut membentuk koloni besar dan telah ada sejak bertahun-tahun yang lalu. Jika Anda berkunjung dalam rentang bulan September hingga Maret, maka kita juga dapat menyaksikan langsung gerombolan besar burung Camar, Kuntul, Garcetas, Zambullidores, Bises hingga bebek dan ayam membuat sarang di sekitar pantai. Keberadaan burung-burung yang hidup bebas di Taman Nasional Palo Verde memang merupakan daya tarik utama dari tempat ini. Namun bukan berarti kita hanya dapat melihat burung di sana, beberapa mamalia khas hutan hujan Amerika seperti monyet Kongo, monyet berwajah putih, landak hingga coyote dapat ditemui disini.

palo_verde_np_pap_1g

Pengunjung juga bisa berkeliling taman nasional menggunakan perahu menyusuri Sungai Tempisque. Di sini, Anda akan disambut oleh buaya-buaya yang panjangnya hingga lima meter. Terkadang petugas taman nasional sedikit memberikan hiburan kepada pengunjung dengan cara memberi makan buaya-buaya liar ini. Tidak perlu khawatir, karena selama kita mengikuti prosedur keselamatan yang diberikan, maka kita tetap aman dari jangkauan buaya-buaya lapar  Sungai Tempisque. Taman nasional Palo Verde dibuka setiap hari dari pukul 08.00 hingga menjelang malam, yaitu sekitar pukul 17.00. Harga tiket masuk Palo Verde sebesar $10 (10 Dollar Amerika) untuk seluruh pengunjung yang berusia di atas tiga tahun.

Selama berkunjung di tempat ini, kita dapat menginap di hotel-hotel yang kami rekomendasikan seperti Best Western Las Espuelas Hotel, Copacabana hotel and suites, Bahia Azul Hotel, Fuego Del Sol Hotel, La Paloma Blanca Hotel, atau Villa Creole Hotel. Kita juga dapat mengunjungi beberapa destinasi wisata terkenal lainnya di Kosta Rika seperti Rincon de la ViejaSanta Rosa dan Jaco.

Peta Lokasi View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 16 November 2013

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya

Incoming search terms:

  • burung pallow
  • burung palo
  • burung palow
  • pallow bird
  • burung pallaw
  • makanan burung pallow
  • gambar burung pallow
  • habitat burung pallow
  • burung palao
  • gambar burung palo

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , ,