gallo_pinto2

Selain dikenal sebagai rajanya wisata alam di Amerika Tengah, Kosta Rika juga menyimpan warisan kuliner khas yang tidak kalah menarik. Salah satu hidangan tradisonal yang banyak digemari oleh wisatawan mancanegara adalah gallo pinto. Makanan ini terbuat dari campuran beras dan berbagai jenis kacang-kacangan yang dimasak bersama menggunakan kaldu ayam. Jenis kacang yang biasa digunakan adalah kacang hitam dan kacang merah. Gallo pinto termasuk ke dalam hidangan utama yang disajikan bersama lauk pauk lainnya. Tidak ada yang tahu pasti dari mana sebenarnya makanan ini berasal, masyarakat Kosta Rika mengenalnya berdasarkan resep turun temurun yang beredar dari mulut ke mulut.

gallo-pinto

Gallo Pinto banyak dinikmati oleh masyarakat Kosta Rika pada saat sarapan. Dalam penyajiannya, makanan ini hampir menyerupai casado. Perbedaan mendasar diantara keduannya hanya terletak dalam cara pengolahannya. Jika casado beras dan kacang dimasak dan disajikan secara terpisah, lain halnya dengan gallo pinto yang menyampurnya menjadi satu. Pada saat sarapan, gallo pinto dihidangkan bersama dengan aneka lauk seperti telur goreng, telur orak-arik, daging sapi cincang, pisang goring dan tortilla. Sedangkan dalam kesempatan lain, makanan ini juga sering dikombinasikan dengan olahan daging sapi, ayam atau babi. Salah satu kebiasaan masyarakat Kosta Rika ketika menyantap gallo pinto adalah mencampurnya dengan salsa lizano. Salsa lizano adalah saos salsa berwarna coklat kehijauan dengan rasa yang tidak terlalu menyolok. Saos ini terbuat dari campuran rempah-rempah yang ditumbuk halus dan dimasak hingga mengental.

Jika berkunjung ke Kosta Rika, Anda akan dengan mudah menemukan makanan ini hampir di seluruh wilayahnya. Biasanya, restoran yang menyediakan gallo pinto di dalam menunya juga memiliki berbagai hidangan tradisional lain seperti ceviche, casado, olla de carne, chorreadas dan tamale.

Gallo_Pinto_at_breakfast

Di provinsi Guanacaste, gallo pinto biasanya disajikan menggunakan campuran paprika merah yang sangat pedas. Walaupun pedas banyak wisatawan yang mengakui kelezatan gallo pinto dari Guanacaste tersebut. Setiap wilayah memang memiliki cita rasa khas tersendiri dalam mengolah makanan ini. Hal itu disebabkan karena resepnya yang dikenal hanya melalui interaksi verbal sehingga tidak ada yang tahu pasti bagaimana cita rasa asli makanan ini. Jangan heran ketika Anda menemukan cita rasa yang tidak sama ketika menyantap gallo pinto di tempat yang berbeda. Makanan ini memiliki variasi yang sangat berbeda dan terus berkembang dengan mengkombinasikannya dengan berbagai bahan makanan lain. Ada yang beranggapan bahwa makanan ini sebenarnya merupakan pengembangan dari resep asli casado, sehingga bukan hal yang mengherankan jika kini banyak ditemukan variasi baru gallo pinto. Bagi wisatawan muslim, sebaiknya bertanyalah terlebih dahulu mengenai kehalalan makanan ini sebelum mengonsumsinya. Sebagian besar restoran di Kosta Rika memang memasak gallo pinto menggunakan kaldu ataupun campuran lain yang diragukan kehalalannya. Maka dari itu, walaupun tidak menggunakan daging babi, kami menyarankan Anda untuk memastikan terlebih dahulu apakah gallo pinto yang disajikan memang benar-benar halal untuk dikonsumsi. Jika ragu-ragu, masih terdapat banyak pilihan menu khas Kosta Rika lain berbahan dasar sayuran yang dapat disantap bersama keluarga.

Peta Lokasi  view larger map

Ketika berada di Kosta Rika, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi keindahan taman nasional, gunung, pantai ataupun tempat wisata ekstrem yang tersebar di seluruh wilayahnya. Anda juga dapat menginap di hotel-hotel yang kami rekomendasikan seperti Best Western Las Espuelas HotelCopacabana hotel and suitesBahia Azul HotelFuego Del Sol HotelLa Paloma Blanca Hotel, atau Villa Creole Hotel.

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 21 Januari 2014

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , ,