11553-32

Bagi para pecinta alam, berkunjung ke salah satu taman nasional terindah di Amerika Tengah tentu saja merupakan sebuah kesempatan yang sayang untuk dilewatkan. Jika Anda berwisata ke Kosta Rika, maka satu tempat yang tidak boleh dilewatkan adalah Santa Rosa National Park. Taman nasional tertua di Kosta Rika ini merupakan bagian dari situs Guanacaste, kawasan konservasi warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO. Taman yang dalam bahasa Spanyol dikenal dengan nama Parque Nacional Santa Rosa ini terletak di sebelah barat daya Kosta Rika, dan awalnya diciptakan sebagai tempat persembunyian dalam peperangan.

la-casona-guanacaste-costa-rica

Santa Rosa National Park menyimpan sebuah monumen terkenal Kosta Rika yaitu Hacienda Santa Rosa, atau yang juga dikenal sebagai La Casona. Monumen ini dibangun sebagai sebuah simbol yang menandai kekalahan tentara bayaran filibuster William Walker oleh tentara lokal pada tahun 1856. Taman nasional seluas 122.350 hektar terdiri dari rawa-rawa, hutan mangrove, dan hutan tropis terbesar di Amerika Tengah yang menjadi habitat berbagai jenis satwa unik khas Amerika Tengah.  Kurang lebih terdapat sekitar 250 jenis spesies burung dan 115 jenis spesies mamalia dan reptil seperti iguana, rusa, monyet berwajah putih, howler, laba-laba, kucing besar dan sejumlah kelelawar hidup bebas di taman nasional yang didirikan sejak tahun 1971 ini.

Taman Nasional Santa Rosa dibagi menjadi dua bagian yang berbeda. Sektor Santa Rosa merupakan bagian taman terbesar yang terletak pada bagian selatan, sedangkan sektor Murcielago  merupakan bagian taman lain yang terletak di bagian utara. Sektor Murcielago dulunya adalah tanah milik keluarga Samoza, pemimpin Nikaragua yang memerintah secara otoriter. Setelah kematian keurunan terakhirnya yaitu Anastasio Somoza Debayle, tanah tersebut diambil alih oleh pemerintah Kosta Rika untuk kemudian dimasukkan ke dalam bagian Parque Nacional Santa Rosa.

Pengunjung akan diajak berkeliling menjelajahi taman menggunakan mobil safari besar untuk melihat kekayaan fauna dan flora taman nasional sekaligus menyaksikan sisa-sisa peperangan yang pernah terjadi disini. Keunikan taman nasional ini adalah pemandangan yang tidak melulu hamparan pepohonan dan kelompok hewan liar yang hidup secara bebas. Di titik-titik tertentu kita akan menyaksikan sungai-sungai lengkap dengan air terjunnya yang indah, di sisi lain taman pengunjung akan diajak melintasi Pantai Naranjo dan Pantai Nancite yang terkenal sebagai destinasi favorit turis untuk berselancar. Anda juga akan diajak melewati bekas markas latihan prajurit CIA selama masa rezim Sandinista.

santa_rosa

Santa Rosa National Park dapat diakses melalui Interamericana, sekitar 37 km ke arah utara dari Liberia. Anda bisa menggunakan bus yang berangkat dari Liberia dan La Cruz setiap hari. Kita dapat meminta sopir bus untuk menurunkan Anda di dekat pintu masuk. Kami menyarankan Anda untuk datang pada bulan Januari hingga Maret saat musim kemarau. Bulan Januari hingga Maret merupakan waktu terbaik mengunjungi taman ini karena pertumbuhan vegetasinya tidak sebanyak pada saat musim penghujan, sehingga mudah untuk menyaksikan keanekaragaman flora dan fauna yang ada disini.

Harga tiket Santa Rosa National Park sekitar $10 hingga $15 (10-15 Dollar Amerika) dan belum termasuk harga sewa tour guide yang akan memandu perjalanan Anda. Demi keamanan dan kenyamanan saat berkeliling taman, kita perlu menyewa jasa pemandu wisata seharga $10-$15 untuk sekali perjalanan. Taman Nasional ini buka setiap hari selama 24 jam, namun museum La Casona hanya buka pada pukul 08.00 hingga 16.00.

Selama berkunjung di Santa Rosa National Park, kita dapat menginap di hotel-hotel yang kami rekomendasikan seperti Best Western Las Espuelas Hotel, Copacabana hotel and suites, Bahia Azul Hotel, Fuego Del Sol Hotel, La Paloma Blanca Hotel, atau Villa Creole Hotel. Kita juga dapat mengunjungi beberapa destinasi wisata terkenal lainnya di Kosta Rika seperti Rincon de la ViejaArenal Volcano dan Jaco.

Peta Lokasi View Larger Map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 8 November 2013

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya

Incoming search terms:

  • Parque nasional santa Rosa

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , ,