Tamale

Bagi Anda yang akan berkunjung ke Kosta Rika, maka sempatkanlah untuk menikmati berbagai makanan lezat yang banyak dijajakan di negara ini. Selain dikenal dengan hamparan taman nasional, gunung, pantai dan tempat wisata ekstremnya yang indah, Kosta Rika juga menyimpan warisan kuliner khas yang tidak kalah menarik. Salah satu kuliner khas Kosta Rika yang cukup populer adalah tamale. Tamale merupakan kue tradisional dari tepung jagung, beras, kunyit, daging babi, serta berbagai kacang-kacangan dan sayuran. Bahan-bahan tersebut dicampur menjadi satu kemudian dibungkus menggunakan daun pisang. Bagi orang Indonesia, mungkin bentuk tamale dianggap tidak jauh berbeda dengan arem-arem yang biasa kita makan.

tamale (1)

Menurut catatan sejarah, tamale berasal dari peradaban Mesoamerika pada tahun 8000 hingga 5000 SM. Bangsa Aztec, Olmeca, Tolteca dan Maya sering menggunakan tamale sebagai bekal mereka saat berburu, berpergian dan bahkan saat berperang. Pada tahun 1200-250 SM, makanan ini semakin dikenal luas dan dikonsumsi oleh masyarakat dunia. Tamale diyakini masuk ke dalam wilayah Kosta Rika karena dibawa oleh para penjajah asal Spanyol. Setelah cukup dikenal oleh masyarakat Kosta Rika, maka tamale tidak lagi sebatas bekal perang para penjajah Spanyol tetapi juga sebagai makanan tradisional kaum pribumi. Jika dilihat dari cara pembuatannya, tamale memang dapat disebut sebagai arem-arem khas Kosta Rika. Hal mendasar yang membedakan keduanya adalah daging babi dan tepung jagung yang menjadi bahan dasar bagi tamale. Mulanya kue ini hanya dibuat untuk acara-acara khusus seperti Natal atau pernikahannya saja. Namun seiring dengan semakin digemarinya makanan ini, tamale kini dapat dinikmati kapanpun dan dimanapun Anda berada. Kita dapat membelinya di toko-toko kue, kios, restoran atau pedagang kaki lima yang menjajakan kuliner tradisional Kosta Rika.

Tamale_

Tamale diproduksi secara besar-besaran pada bulan Desember menjelang perayaan natal. Di Kosta Rika, terdapat sebuah tradisi yang sudah bertahan selama ratusan tahun dimana tamale dibuat bersama seluruh anggota keluarga sebagai kue perayaan natal. Maka dari itu, pada bulan Desember jumlah produksi tamale meningkat hingga sepuluh kali lipat dari jumlah normal pada hari-hari biasa. Bagi Anda yang beragama Islam, tamale bukanlah makanan yang kami rekomendasikan untuk dinikmati karena menggunakan daging babi dalam proses pembuatannya. Namun jangan khawatir, Anda dapat menikmati jenis makanan lain yang tidak kalah lezat seperti ceviche, casado, plantanos maduros dan chorreadas. Makanan tersebut berbahan dasar jagung dan sayuran lokal lainnya sehingga dijamin halal untuk dikonsumsi.

Peta Lokasi  View Larger Map

Selama berkunjung di Kosta Rika, kita dapat menginap di hotel-hotel yang kami rekomendasikan seperti Best Western Las Espuelas HotelCopacabana hotel and suitesBahia Azul HotelFuego Del Sol HotelLa Paloma Blanca Hotel, atau Villa Creole Hotel.

 Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 21 Januari 2014

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya

Incoming search terms:

  • kue tradisional amerika
  • kue khas amerika

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , ,