7Etnis Tionghoa telah tersebar di berbagai penjuru dunia tak terkecuali kawasan Amerika bagian utara. Di berbagai belahan dunia mereka berkumpul dan membentuk daerah bermukim yang biasanya disebut Pecinan. Demikian juga dengan Etnis Cina yang tinggal di San Francisco. Mereka bermukim sambil memperkenalkan budaya nenek moyangnya di daerah pusat kota.

San Francisco Chinatown mendiami 24 blok di pusat kota San Francisco. Daerah pecinan terbesar di luar Asia tersebut menawarkan berbagai hal berkaitan dengan negeri tirai bambu. Arsitekturnya tentu saja khas budaya timur yang tidak pernah melupakan warna merah dan emas.

Seperti halnya desa-desa di Cina yang dilengkapi pintu gerbang, Kawasan Pecinan San Francisco juga memiliki Chinatown Gateway. Masyarakat sering menyebutnya Gerbang Naga. Pintu masuk yang dirancang oleh Clayton Lee itu memiliki tiga lorong. Lorong besar di tengah merupakan tempat lewat pejabat dan orang penting sementara dua lorong kecil yang mengapitnya adalah jalan masuki bagi masyarakat umum.

Di San Francisco Chinatown pengunjung bisa mengunjungi bekas Chinese Telephone Exchange. Meski saat ini telah berubah fungsi menjadi kantor Bank of Canton, kenangan akan kantor telepon abad ke-19 masih tersimpan. Gedung dengan atap bertingkat khas bangunan Cina tersebut memang pernah digunakan sebagai pusat Bursa Telepon Cina sejak tahun 1891. Meskipun sempat hancur saat gempa besar tahun 1906, kantor tersebut tetap dipulihkan dan memegang peranannya sampai tahun 1949.

Selain Bank of Canton di daerah pecinan San Francisco juga berdiri Bank of America. Kedua perusahaan keuangan ini memiliki arsitektur bangunan yang mirip. Bedanya Bank of Canton didominasi warna merah sedangkan Bank of America dihiasi warna emas dan merah. Bangunan bersejarah lainnya adalah Sing Chong Building yang dibangun setelah gempa.

Kuil atau klenteng menjadi bangunan wajib di setiap daerah Pecinan. Di San Francisco Chinatown pengunjung bisa menjumpai In Waverly Place yang terdiri dari tiga kuil. Salah satu bangunan ibadah masyarakat Tionghoa itu bernama Tin How Temple yang dibangun tahun 1852 dan merupakan kuil tertua di Amerika Serikat. Interaksi dan akulturasi warga pendatang dengan warga lokal terpelihara dengan baik. Hal ini dibuktikan adanya bangunan gereja Katolik bernama Old Street Mary’s Church.

Pengunjung bisa berjalan-jalan di Portsmouth Plaza. Ruang publik terbuka tersebut merupakan tempat populer untuk berkumpul. Anak-anak dan orang tua secara teratur berkumpul di ‘alun-alun’ tersebut untuk sekedar duduk atau bermain catur Cina. Dimsum, teh, kue bulan, maupun masakan khas Cina lain dapat ditemukan di puluhan tempat makan yang tersebar di seluruh Chinatown.

Bila datang saat musim gugur Anda berkesempatan menyaksikan Autumn Moon Festival yang ramai dengan bazar, pertunjukan, serta festival makanan.

Untuk dapat sampai di san Francisco Chinatown pengunjung bisa mengakses cable car The California Street Line dari The Financial District. Kendaraan khas San Francisco tersebut akan mengantar Anda sampai daerah Pecinan.

Dari kawasan Chinatown, Anda bisa melanjutkan kunjungan wisata ke Yerbe Buena Gardens. Di taman yang sama terdapat San Francisco Museum of Modern Art. pengunjung juga bisa mampir ke San Francisco Cable Car Museum untuk mengenal lebih dekat kendaraan icon kota tersebut.

Hotel terdekat yang dapat dijadikan tempat menginap saat mengunjungi Chinatown adalah Hilton San Francisco Financial District, Omni San Francisco Hotel, dan Grant Plaza Hotel.

Peta Lokasi : View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • Budaya dari luar di kota san francisco
  • chinatown di amerika
  • china town di amerika
  • sejarah chinatown di amerika
  • pecinan di california
  • amerika china town
  • tempat wisata china town amerika
  • cina town amerika
  • chinatown terbesar di amerika
  • china town di us

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,