53Lick Observatory adalah laboratorium astronomi terkemuka yang merupakan bagian dari University of California. Abservatorium tersebut dibangun tahun 1888 dipuncak Mount Hamilton di Diablo Range.

Observatoruim yang terletak di San Jose sebelah timur ini memiliki bangunan bergaya Classical Revival. Dalam bangunan yang dibuat antara tahun 1876 sampai 1887 itu terdapat sembilan teleskop termasuk The Shane yang diameter reflektornya mencapai 3 meter. Teleskop yang aktif sejak 1960 tersebut telah banyak digunakan para astronom untuk meneliti berbagai proyek astronomi.

Museum yang merupakan hibah dari James Lick ini mengadakan tur bagi pengunjung yang ingin mengenal dunia astronomi. Peserta dapat melihat marmer yang menyusun interior ruangan observatorium. Pengunjung juga bisa mendengar sejarah Observatorium Lick dari pemandu tur. Anda juga diajak mengunjungi Shane Dome untuk melihat teleskop utama milik observatorium di atas bukit tersebut. Dan yang paling menarik perhatian adalah kesempatan untuk mencoba melihat luar angkasa melalui teleskop yang berada di kubah observatorium.

Salah satu lorong observatorium yang beralamat di 7281 Mount Hamilton Road tersebut dijadikan ruang pameran foto. Pameran yang dapat disaksikan pengunjung umum ini memajang gambar-gambar lawas maupun terbaru dari teleskop dan instrumen yang ada di Observatorium Lick. Pengunjung juga bisa melihat karya fotografi Laurie Hatch di galeri gedung utama itu.

Untuk menyambur HUT ke-125 Great Lick refraktor, pengelola observatorium mengadakan kegiatan pengamatan terbuka yang bisa diikuti pengunjung. Dalam program yang rencananya digelar pada musim panas 2013 ini pengunjung bisa ikut mengamati melalui Great refraktor dan reflektor Nikel.

Lick Observatory juga dilengkapi dengan Gift Shop. Kartu pos yang memuat foto observatorium karya fotografer Laurie Hatch bisa dipilih sebagai kenang-kenangan. Anda juga bisa membeli oleh-oleh berupa sweatshirt, T-shirt, cangkir, gelas anggur, foto astronomi, mainan edukatif, poster, serta berbagai pernik yang berhubungan dengan astronomi.

Observatorium Lick bisa dikunjungi setiap hari kecuali saat Thanksgiving dan Natal. Pada hari kerja, tempat pengamatan itu buka untuk umum mulai pukul 12:30 – 17:00. Sedangkan ketika akhir pekan Anda dapat berkunjung mulai pukul 12:00 – 17:00. Tur keliling observatorium dimulai pukul 13:00 (hari kerja) atau 12:30 (akhir pekan). Pengunjung bisa mengikuti perjalanan itu tanpa dipungut biaya. Sayangnya tidak ada kendaraan umum yang menjangkau pusat penelitian luar angkasa ini. Jadi, untuk sampai Lick Observatory silakan sewa mobil di San Jose.

Dari Lick Observatory pengunjung bisa melanjutkan kunjungan wisata ke Emma Prusch Farm Park atau Kelley Park. Anda juga bisa berkunjung ke San Jose Museum of Art di pusat kota.

Hotel terdekat untuk beristirahat setelah mengunjungi Lick Observatory adalah Maple Tree Inn Hotel. Pengunjung juga bisa menginap di Holiday Inn Silicon Valley Hotel atau Valley Park Hotel.

Peta Lokasi : View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,