Los Angeles tidak hanya mempunyai citra kota metropolitan tetapi juga kota yang menghargai sejarah. Salah satu wujud penghormatan terhadap masa lalu tersebut adalah dibukanya Museum The Old Plaza Firehouse di pusat kota.

Museum yang awalnya merupakan kantor pemadam kebakaran itu sengaja didedikasikan untuk seluruh personel pemadam kebakaran Los Angeles baik di masa lalu, masa sekarang maupun masa depan atas jasa mereka melayani kota dan masyarakat.

Sebelum dibuka sebagai museum pada tahun 1960, bangunan bercorak merah itu difungsikan sebagai kantor pemadam kebakaran pada kurun waktu 1884 sampai 1897. Setelah itu pun gedung yang tercatat sebagai cagar budaya itu digunakan menjadi lokasi bisnis dengan menjadi salon, toko cerutu, hotel, toko pecinan hingga toko obat.

Museum yang terletak di 501 North Los Angeles Street, Los Angeles, California ini memajang berbagai artefak dan benda bersejarah yang berkaitan dengan pemadam kebakaran. Koleksi-koleksi tersebut sebagian besar berasal dari abad ke-19 tetapi ada pula yang berasal dari awal abad ke-20. Wajah bangunan yang dikonstruksi pada abad 19 itu pun dapat disaksikan memalui koleksi foto Di museum bangunan kantor pemadam kebakaran yang diabadikan sejak tahun 1800-an.

Selain itu, di dalam museum juga disimpan peta sejarah Kota Los Angeles. Dengan mengunjungi ruang tempat memajang benda bersejarah yang terletak di kawasan El Pueblo tersebut pengunjung dapat mengetahui sejarah dan tata letak kota Los Angeles pada awal berdirinya. Pengunjung bisa mengajak anak-anak mereka mengenal lebih dekat kegiatan pemadam kebakaran.

Untuk para siswa ditawarkan wisata edukatif mempelajari tips dan trik saat menghadapi situasi darurat seperti kebakaran. Kegialan yang dikemas dengan nama ‘FireSmart’ tersebut penyelenggaraannya bekerjasama langsung dengan Departemen Pemadam Kebakaran kota Los Angeles. Peserta juga akan diberikan berbagai ulasan mengenai cara agar tetap aman baik di rumah, di sekolah atau di tempat umujm lainnya.

Museum yang cocok untuk semua kalangan usia ini dapat dikunjungi pada hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 10:00 – 15:00 tanpa dikenakan biaya kunjungan. Fasilitas lain yang dapat diperoleh adalah lokasi parkir yang aman.

Museum The Old Plaza Firehouse dapat dikunjungi menggunakan berbagai moda transportasi massa seperti kereta, metro, bus maupun subway karena lokasinya yang berdekatan dengan Union Station. Semua jalur transportasi umum itu berhenti di pusat transportasi publik terbesar di Loa Angeles itu. Dari sana pengunjung cukup berjalan kaki melintasi Alameda Street untuk mencapai museum.

Setelah puas menyaksikan kenangan pemadam kebakaran di The Old Forehouse Plaza pengunjung bisa melanjutkan destinasinya ke Chinesse American Museum. Pengunjung juga dapat berbelanja dan berwisata kuliner di Downtown Los Angeles. Selain itu pengunjung juga bisa menikmati suasana Jepang di Little Tokyo.

Pengunjung dapat memilih hotel Kyoto Grand Hotel & Gardens, Los Angeles Marriott Downtown Hotel serta Sheraton Los Angeles Downtown Hotel sebagai tempat menginap saat mengunjungi museum tersebut.

Peta Lokasi :View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , ,