Penduduk Jepang telah datang dan tinggal di Los Angeles lebih dari seabad lalu. Mereka juga mengalami kisah tidak menyenangkan selama ditahan di kamp pengungsi pada masa Perang Dunia II. Sejarah dan kisah bangsa Asia Timur tersebut dapat disaksikan di Japanese American National Museum. Museum tersebut berada di Little Tokyo, di pusat kota Los Angeles.

Museum yang beralamat di 100 North Central Avenue itu diresmikan tahun 1992. Di dalamnya banyak tersimpan peninggalan sejarah Jepang – Amerika yang telah berusia lebih dari 130 tahun. Koleksinya meliputi artefak, pakaian, foto, maupaun kisah sejarah.

Lukisan karya Henry Sugimoto tersimpan di ruang Henry Sugimoto Collection. Lukisan-lukisan tersebut dibuat oleh seniman keturunan Jepang-Amerika itu antara tahun 1930-an sampai 1950-an. Pengunjung bisa mengamati 137 karya yang diantaranya berjudul Oakland City Skyline from Merritt Park (1928), Village of Villiers (1930), The Mouth of the Kumano River in Autumn (1930), Self Portrait (1931), dan sebagainya.

Suasana kamp konsentrasi pengungsi pada masa Perang Dunia II terekam dalam foto karya Mori Shimada. Mori Shimada adalah salah satu penghuni pengungsian Jepang di Heart Mountain. Di ruang Mori Shimada Collection Anda bisa melihat karya fotografi yang jumlahnya mencapai 108 buah. Karya tersebut diambil tahun 1942 sampai 1945. Karya fotografi tentang suasana pengungsian PD II juga diambil oleh Jack Iwata. Fotografer tersebut mengabadikan kisah di tempat pengungsi yang dipusatkan di Tule Lake dan Manzanar. Terdapat sekitar 166 foto beserta negative-nya di ruang Jack Iwata Collection.

Daerah Rohwer juga menjadi tempat penahanan masyarakat Jepang pada masa PD II. Keadaan di sana diabadikan dalam 361 foto hitam putih oleh Walter Muramoto. Sang fotografer dan keluarganya ditahan di kamp Rohwer tahun 1942 – 1945. Koleksi berkaitan dengan kamp pengungsi dan Perang Dunia II juga disimpan di Clara Breed Collection. Di sini dipajang lebih dari 300 surat dan kartu yang diterima Miss Breed dari anak-anak dan pemuda Jepang-Amerika yang tinggal di tempat penahanan.

Pengunjung juga berkesempatan melihat karya yang dihasilkan di tempat pengusngian. Karya berupa sketsa, gambar, maupun lukisan cat air tersebut dikumpulkan di ruang koleksi Estelle Ishigo. Terdapat 120 karya yang menggambarkan suasana tempat penahanan di Pomona, Heart Mountain, serta Wyoming Camp. Pengunjung juga bisa melihat kisah pengungsi yang ada di Kamp Militer Kilauea dan Sand Island di Hawaii. Suasana di sana digambarkan dalam gambar atau lukisan cat air dalam buku harian George Hoshida.

Tekstil, pakaian, hingga geta (sandal tradisional Jepang) itu dikumpulkan oleh sarjana sekaligus penulis Barbara Kawakami. Ruang koleksi lain yang memajang kisah-kisah kamp pengungsian selama PD II adalah Hideo Date Collection, Stanley Hayami Diary, dan Hisako Hibi Collection. Pengunjung juga bisa mengintip Toyo Miyatake Studio/Rafu Shimpo Collection dan Buddhist Churches of America Collection.

Japanese American National Museum dapat dikunjungi sepanjang pekan kecuali hari Senin. Museum juga tidak buka ketika perayaan Indepence Day, Thanksgiving, Natal, dan tahun baru. Jam operasionalnya dimulai pukul 11:00 sampai 17:00. Khusus hari Kamis Anda bisa berkunjung mulai jam 12:00 – 20:00. Tiket masuknya sebesar $9 untuk pengunjung dewasa. Sedangkan lansia, pelajar, maupun pengunjung usia 6-17 tahun harus membayar $5.

Pengunjung bisa mengakses Commerce Citadel Express dari Union Station di pusat kota dan turun di halte 1st Street/Central Avenue.

Setelah mengunjungi Japanese American National Museum, Anda bisa jalan-jalan di Little Tokyo untuk menikmati suasana Jepang. Pengunjung juga bisa singgah ke Hollywood & Highland Center atau downtown Los Angeles.

Hotel terdekat untuk istirahat setelah mengunjungi Japanese American National Museum adalah Miyako Los Angeles Hotel, Kawada Hotel, dan Omni Los Angeles Hotel.

Peta Lokasi : View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • sketsa gambar cwok jpan
  • sketsa sandal geta
  • sketsa sendal geta

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,