Seperti halnya San Francisco yang memiliki cable car, San Pedro juga memiliki kendaraan historis yang sampai saat ini masih beroperasi. Distrik di sebelah selatan Los Angeles City itu terkenal dengan Big Red Cars-nya.

Big Red Cars adalah sebutan untuk Port of Los Angeles Waterfront Red Car. The Port of Los Angeles Waterfront Red Car sendiri adalah trem berpanel serta kursi kayu dengan fitur kuningan yang dioperasikan menggunakan tenaga listrik. Trem sebagai angkutan umum di Los Angeles telah ada sejak tahun 1874. Awalnya trem digerakkan dengan kuda tetapi kemudian diperbaharui menggunakan listrik sebagai sumber tenaga. Trem dengan sistem listrik terus dikembangkan sampai tahun 1890. Empat tahun berselang Los Angeles Consolidated Electric Railway terbentuk. Perusahaan tersebut berhasil membangun rel listrik yang menghubungkan Los Angeles dan Pasadena.

Tidak berselang lama Los Angeles Consolidated Electric Railway mengalamai kesulitan keuangan hingga akhirnya diambil alih oleh Collis Huntington. Presiden Southern Pacific Railroad tersebut bekerjasama dengan keponakannya yang bernama Henry Huntington. Pada periode kepemimpinan mereka inilah Red Cars lahir. Sebelum diambil alih oleh Huntington trem berwarna kuning zaitun.

Henry Huntington melihat peluang untuk mengembangkan alat transportasi umum kecil yang melayani California bagian selatan. Tahun 1901 ia mendirikan Pacific Electric Railway. Pacific Electric kemudian mengambil alih transportasi Los Angeles-Pasadena serta membuka rute baru menuju Long Beach. Perusahaan angkutan umum terus memperluas jangkauannya sehingga tahun 1914 masyarakat dengan mudah bepergian ke San Bernardino, Santa Ana, San Pedro, juga San Fernando Valley menggunakan Red Cars.

Popularitas Red Cars semakin menanjak tahun 1920. Jumlah armada kendaraannyapun semakin banyak dibanding ketika Pacific Electric Railway baru didirikan. Perang Dunia II menjadi era kebangkitan kereta api sebagai angkutan massal. Pada masa itu penduduk juga telah familiar dengan mobil sebagai kendaraan pribadi. Pasca perang tepatnya tahun 1958 semua moda transportasi di California bagian selatan diambil alih oleh Los Angeles Metropolitan Transit Authority. Red Cars pun berhenti beroperasi.

Tanggal 19 Juli 2003 gerbong asli Pacific Electric Red Car 1058 kembali dijalankan. Selain itu, replika Red Cars 500 dan 501 yang beroperasi tahun 1920 juga dibuat. Kendaraan dengan jendela terbuka tersebut beroperasi di salah satu jalur lamanya yang menghubungkan San Pedro’s World Cruise Center dan Fountain Fanfare. Dalam perjalanan kereta itu melintasi Los Angeles Maritime Museum dan Ports O’Call Village.

Mengunjungi LA Harbor menggunakan Red Cars adalah pengalaman yang hanya dapat didapatkan di San Pedro. Kendaraan bersejarah tersebut beroperasi hari Jumat sampai Minggu mulai siang sampai jam 21:00. Agar dapat menaikinya Anda cukup membayar membayar $1.

Selama berwisata di San Pedro pengunjung dapat menginap di Quality Inn South Bay, Econo Lodge South Bay Hotel, dan Eldorado Coast Hotel.

Peta Lokasi : View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,