Dunia kedirgantaraan California bagian selatan sudah berkembang sejak lama. Untuk menjaga, melestarikan, serta memperkenalkan artefak penerbangan Southern California didirikanlah Western Museum of Flight (WMOF).

Western Museum of Flight berada di kompleks Zamperini Field, lapangan penerbangan kota Torrance. Koleksi museum terdiri atas berbagai hal yang berkaitan dengan dunia penerbangan terutama pesawat, komponen pesawat, aksesoris aircrew, juga berbagai model pesawat. Ada beberapa jenis pesawat militer yang disimpan di Western Museum of Flight.

Koleksi yang memiliki bentuk paling antik adalah replika Montgomery Glider. Pesawat Montgomery Glider merupakan pesawat pertama yang menggabungkan teknologi flight controls dan shaped airfoil. Pesawat ini dibuat oleh John J. Montgomery tahun 1881 di Otay Mesa (dekat San Diego). Pada penerbangan pertamanya tanggal 28 Agustus 1883 pesawat tersebut mampu terbang sejauh 600 meter. Keberhasilan tersebut membuat peraih gelar Master of Science terus melakukan inovasi. Desain serta hasil penelitiannya diterbitkan dalam Octave Chanute’s “Progress in Flying” yang selanjutnya dibaca oleh Wright bersaudara.

Pengunjung dapat melihat pesawat tempur Northrop JB-1 Bat yang dipakai selama Perang Dunia II. Pesawat buatan tahun 1942 itu merupakan jenis langka karena hanya tersisa ada 3 buah di dunia dan WMOF memiliki salah satunya. Koleksi pesawat tempur lain yang dapat diamati pengunjung adalah Northrop YF-17 Cobra. Ada pula Northrop YF-23A Black Widow II yang dipakai sebagai pesawat latihan Angkatan Udara Amerika tahun 1986.

Anda mungkin pernah mendengar atau bahkan familiar dengan pesawat Boeing. Pesawat penumpang tersebut dikembangkan berdasarkan teknologi yang dimiliki pesawat ringan bernama F/A-18 Hornet. Pesawat tersebut digunakan oleh Angkatan Laut dan Korps Marinir Amerika. Ada juga Bede Aircraft BD-5, pesawat super cepat dengan kursi tunggal. Western Museum of Flight juga menyimpan model pesawat antariksa ASA Space Shuttle. Koleksi lain adalah Northrop HL-10. Pesawat tersebut merupakan hasil penelitian yang dikembangkan untuk membuat Space Shuttle.

Selain melihat pesawat yang ditampilkan di museum, pengunjung juga berkesempatan melihat proses restorasi pesawat. Ada beberapa pesawat yang saai ini masih dalam tahap perbaikan misalnya pesawat Northrop N-3PB. Pesawat yang digunakan pada masa PD II itu dibuat tahun 1940. Koleksi lain yang dapat diamati di Western Museum of Flight adalah piston dan mesin pesawat jet.

Museum aviasi yang beralamat di 3315 Airport Drive ini dapat dikunjungi setiap hari kecuali Senin pada pukul 10:00 – 15:00. Tiket masuknya sebesar $5. Biaya tersebut hanya dibebankan kepada pengunjung usia diatas 12 tahun.

Lokasi museum tidak dapat dijangkau dengan kendaraan umum jadi Anda harus menyewa mobil bila ingin berkunjung ke Western Museum of Flight. Dari Downtown Los Angeles Anda bisa berkendara menuju Pacific Coast Highway. Setelah masuk Zamperni Way Anda tinggal mengarahkan mobil ke Airport Drive tempa museum berada.

Dari Western Museum of Flight Anda bisa melanjutkan perjalanan wisata ke Torrance Art Museum, Chen Art Gallery, dan Charles H. Wilson Park.

Hotel yang dapat Anda pilih sebagai tempat istirahat adalah Ramada Inn Torrance, Super 8 Torrance Hotel, atau Travelodge Torrance Redondo Beach Hotel.

Peta Lokasi : View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • pesawat bede bd 5j
  • pesawat black widow 3 buah

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,