8San Francisco terkenal dengan kendaraan ikoniknya yang disebut cable car. Bila ingin mengenal lebih dekat kendaraan yang telah dioperasikan sejak akhir abad ke-19 ini Anda bisa berkunjung ke Cable Car Museum.

Cable Car Barn & Powerhouse atau lebih dikenal dengan sebutan Cable Car Museum adalah tempat yang menyimpan artefak sejarah berkenaan dengan kendaraan publik hasil rancangan Andrew Smith Hallidie. Ruang pameran warisan historis ini terletak di 1201 Mason Street. Dalam bangunan tersebut tersimpan mobil kabel pertama yang diuji coba Hallidie pada tanggal 2 Agustus 1873. Foto-foto mobil kabel dari masa ke masa juga terpajang di museum ini.

Rahasia pengoperasian mobil kabel manual itu dapat diketahui di museum yang ada di daerah Nob Hill ini. Pengunjung dapat mengamati bagian-bagain yang menyusun kendaraan antik San Francisco tersebut seperti kabel yang digunanakan, powerhouse atau pembangkit listrik, slot yang menggerakan kabel, peralatan mekanik, serta mobil kabel itu sendiri.

Sebelum akhirnya dioperasikan dibawah The San Francisco Municipal Railway atau Muni seperti sekarang, cable car pernah dioperasikan oleh delapan perusahaan transportasi yang berbeda. Anda dapat mempelajari sejarah operator resmi cable car di bagian 8 Original Company.

Perkembangan serta perubahan menjadi alat transportasi yang lebih baik tetap dilakukan agar cable car menjadi kendaraan publik yang nyaman. Sejarah perkembangan cable car terutama saat rekonstruksi besar-besaran tahun 1970 diabadikan di ruang Rebuilding The System.

Kontes pemilihan bel cable car yang dilaksanakan tahun 1949 juga terekam dalam koleksi yang terpajang di Bell Ringing Contest. Selain foto sang pemenang Alexander Nielsen, Anda bisa melihat artikel-artikel kontoversi mengenai penutupan sistem cable car oleh walikota Roger Lapham yang memerintah tahun 1947.

Cable Car Museum buka sepanjang tahun kecuali saat perayaan Thanksgiving, Natal, dan tahun baru. Pengunjung tidak dipungut biaya untuk menyaksikan artefak-artefak sejarah mobil kabel tersebut.

Untuk sampai di Cable Car Museum pengunjung bisa mengakses Muni jalur 27 dari halte Market Street di pusat kota San Francisco. Kendaraan umum tersebut akan mengantar Anda sampai halte yang terletak di Washington Street. Dari sana pengunjung tinggal berjalan selama 7 menit untuk mencapai museum.

Dari Cable Car Museum Anda bisa melanjutkan perjalanan wisata menggunakan kendaraan antik tersebut. Pengunjung bisa pergi ke San Francisco Chinatown menggunakan cable car The California Street Line. Bila ingin mampir ke Fisherman’s Wharf Anda bisa menumpang Powell-Mason Line.

Hotel yang dapat dipilih untuk tempat menginap saat mengunjungi Cable car Museum adalah The Fairmont San Francisco Hotel, Nob Hill Motor Inn Hotel, dan University Club Of San Francisco Hotel.

Peta Lokasi : View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • Bagaimana menggerakan cable car

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,