Seperti halnya di San Francisco, imigran Jepang juga membentuk pemukiman di San Jose. Tempat tinggal warga asal Asia timur itu dikenal dengan Nihonmachi atau Japantown (J Town). Japantown San Jose berada di sebelah utara pusat kota. Daerah yang merupakan rumah bagi tradisi Jepang di San Jose itu adalah satu dari tiga Japantown historis terakhir di Amerika Serikat.

Pengunjung bisa melihat warisan sejarah Japantown San Jose di Japanese American Museum of San Jose. Gedung yang terletak di North 5th Street ini adalah tempat untuk menyimpan dan melestarikan peninggalan seni dan budaya Jepang Amerika di The Bay Area. Koleksinya meliputi peninggalan yang berkaitan dengan sejarah dan budaya, seni dan kerajinan, serta warisan Perang Dunia II. Di museum tersebut pengunjung juga bisa belajar teknik melipat kertas Jepang atau origami.

Sebagai pemukiman warga pendatang proses akulturasi budaya terjadi di Nihonmachi San Jose. Perpaduan maupun adaptasi budaya ini terwujud dalam bangunan gereja tua yang dibuat oleh Jepang. Kedua gereja yang telah berusia lebih dari 100 tahun itu adalah Wesley United Methodist Church dan San Jose Buddhist Church Betsuin.

63-2Seperti halnya di negara asalnya, Japantown juga sering menggelar perayaan-perayaan tradisional. Festival lentera Jepang atau Obon Festival biasanya digelar pada pertengahan bulan Juli setiap tahun. Di J Town San Jose perayaan ini diadakan di San Jose Buddhist Church Betsuin. Selain lentera, festival ini juga dimeriahkan dengan bon odori atau tarian obon. Festival lain yang bisa disaksikan pengunjung adalah Nikkei Matsuri (musim semi) dan Aki Matsuri (musim gugur). Saat musim gugur penduduk Japantown juga menggelar The Spirit of Japantown Festival.

Tanggal 5 Oktober mendatang Japantown San Jose akan menyelenggarakan San Jose Anniversary Concert yang ke-40. Taiko adalah seni menabuh drum khas Jepang. Jika Anda tertarik mempelajari kesenian tradisional ini silakan datang ke San Jose Taiko yang beralamat di 565 North 5th Street.

Japantown San Jose adalah pusat bisnis dan ekonomi sehingga di kawasan tersebut pengunjung dapat dengan mudah menemukan barang-narang khas negeri matahari terbit. Anda bisa mencicipi permen tradisional Jepang di Shuei-do Manju Shop. Pengunjung juga dapat membeli tofu Jepang di Nichi Bei. Santapan ala negeri bunga sakura tersedia di tempat makan yang banyak berdiri di area J Town. Selain itu, pengunjung juga bisa menyanpat kuliner non-Jepang di restoran Mexico, Hawaii, serta Korea.

Untuk berbelanja, berwisata kuliner, atau sekedar menikmati budaya Jepang di Japantown San Francisco Anda bisa menggunakan VTA Light Rail dan berhenti di VTA Lightrail Station Japantown/Ayer di North 1st Street. Dari halte itu Anda tinggal berjalan kaki selama 8 menit menuju J Town.

Dari Japantown San Jose pengunjung bisa melanjutkan perjalanan wisata menjelajahi tempat-tempat menarik atau berwisata kuliner di pusat kota San Jose. Anda juga bisa singgah di Heritage Rose Garden.

Hotel terdekat untuk beristirahat adalah Crowne Plaza Downtown Hotel, Wyndham San Jose Hotel, atau Holiday Inn Express Hotel.

Peta Lokasi : View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • j-town amerika

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,