Anda tentu pernah memainkan permainan mekanik menggunakan koin yang sering ditemui di game zone. Tapi tahukan Anda bahwa permainan tersebut telah ada sejak awal abad 20? Di San Francisco berdiri Musée Mécanique. Museum ini menyimpan alat musik maupun mainan mekanik menggunakan koin yang antik hingga modern.

Sesuai namanya, koleksi Musée Mécanique adalah alat mekanik yang dioperasikan menggunakan koin. Kata musée sendiri berasal dari Bahasa Prancis yang artinya ‘museum’ sedangkan mécanique bermakna ‘mekanik’. Museum yang terletak di Pier 45, Taylor Street, Fisherman’s Wharf itu menyimpan lebih dari 300 koleksi mesin koin mekanik.

Edward Galland Zelinsky, sang pendiri museum, mulai tertarik pada mesin koin ketika memainkan Bingo game di Ellis Theatre (Fillmore Street) tahun 1933. Edward yang ketika itu berusia 11 tahun berhasil memenangkan hadiah utama pada permainan pertamanya. Kemudian ia pun mulai mengumpulkan uang untuk membeli permainan koin miliknya sendiri.

64-8The Banjo-O-grand adalah salah satu koleksi yang tersimpan di Musée Mécanique. Piano buatan tahun 1920 itu dibeli Edward Galland Zelinsky sekembalinya dari kewajiban militer pada Perang Dunia II. Piano tersebut buatan Nelson -Wiggen Piano Co. Koleksi yang ‘lebih lampau’ lagi adalah Englehardt Orchestrion. Piano itu dibuat tahun 1915 oleh perusahaan New York bernama Englehardt Piano Company. Selain itu, masih ada beberapa alat musik denting lain yang dapat dijumpai di museum ini seperti Auto Electric Piano Co (1910) dan Cremona Style #3 (1906).

Anda pernah melihat kotak musik kuno dengan boneka yang menari-nari didalamnya? Museum Mekanik memiliki salah satunya yaitu Theatre Automatique. Mainan mekanik tersebut memiliki boneka cantik dengan gaun indah yang berputar sesuai iringan lagu begitu Anda memasukan koin ke dalamnya. Koleksi unik lain dalam museum yang ada di San Francisco ini adalah Toothpick Fantasy Ferris Wheel, yaitu replika bianglala yang terbuat dari batang korek api. Mainan tersebut dibuat oleh Woody Burke of Hollywood menggunakan lebih dari 150 ribu batang tusuk gigi.

Koleksi kotak musik dengan boneka seperti The Cry Baby, Cactus Gulch, Barber Shop Quartet, Laffing Sal, Bimbo Box, dan sebagainya akan membawa Anda bernostalgia ke masa saat mainan itu masih populer. Permainan yang sering dijumpai di pasar malam dapat Anda lihat di The Carnival. Tema ini mencakup mainan mekanik Boxer, Gorilla, El Stinko Cigars, dan lain-lain.

Mainan kuda poni dari kayu yang Anda mainkan ketika kecil juga ada di Musée Mécanique. Pengunjung juga dapat memainkan video game klasik. Ada pula permianan Olympics Pinball , Arm Wrestler Action, Whack-A-Mole, Six Shooter, Scientific Batting Practice, Kicker and Catcher, serta Crane.

Musée Mécanique dapat dikunjungi setiap hari tanpa dipungut biaya masuk. Untuk sampai museum ini pengunjung dapat mengakses cable car Powell-Mason Line yang melayani rute menuju Fisherman’s Wharf.

Dari Anda bisa melanjutkan perjalanan wisata ke Golden Gate, Golden Gate Park, dan Haight-Ashbury.

Hotel yang bisa dijadikan tempat istirahat selama berkunjung ke Musée Mécanique adalah Holiday Inn Express Fisherman s Wharf Hotel, Radisson Fisherman’s Wharf Hotel, dan Argonaut A Kimpton Hotel.

Peta Lokasi : View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • mainan mekanik
  • mainan populer di pasar malam

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,