58-5Umumnya selimut dan kain disimpan dalam museum sebagai koleksi pelengkap untuk mengenang seorang tokoh. Tetapi di San Jose Museum of Quilts and Textiles kedua benda tersebut justru menjadi koleksi utama. Ya, museum yang berlokasi di 520 South First Street San Jose itu adalah ruang benda historis pertama di Amerika Serikat yang secara eksklusif menampilkan koleksi selimut dan tekstil.

Kain menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia sejak ribuan tahun lalu. Kain juga mewakili nilai estetika sehingga bahan sandang tersebut termasuk dalam salah satu hasil seni kriya. Setiap bangsa dari berbagai budaya di dunia memiliki tradisi tersendiri mengenai kain. Keragaman inilah yang menginspirasi Santa Clara Valley Quilt Association untuk membuka museum khusus selimut dan kain pada tahun 1977.

Museum yang mulanya dibuka di Los Altos ini memiliki 850 koleksi. Ruang pameran sejarah tersebut juga memiliki 500 buku mengenai sejarah dan pembuatan selimut serta tekstil. Di sana pengunjung bisa melihat selimut bersejarah, selimut seni kontemporer, bentuk-bentuk seni berbasis tekstil, serta kostum dan pakaian dari berbagai budaya di dunia.

Katherine Westphal, Lillian Elliot, Terese Mei, Marian Clayden, Ed Rossbach, Charlotte Patera, Linda Gass, Joan Schulze, dan Yvonne Porcella adalah nama-nama seniman perajut maupun tokoh dalam bidang tekstil lokal The Bay Area yang karyanya disimpan di San Jose Museum of Quilts and Textiles.

Museum yang saaat ini dipimpin oleh direktur Christine Jeffers itu juga menyimpan koleksi tekstil etnik yang meliputi kain dari budaya Hispanik, Latin, Vietnam dan Cina. Budaya-budaya tersebut dipilih karena dianggap memiliki sejarah berbasis tekstil yang kaya. Sedangkan koleksi selimut diantaranya tersimpan di The P&B Textiles Collection. Ruang tersebut memajang 24 selimut sejarah dan kontemporer.

Koleksi lain Museum Selimut dan Tekstil San Jose adalah permadani. Karpet dari abad ke-20 yang dirancang oleh Mark Adams menjadi koleksi terbaru museum yang berada di pusat kota San Jose itu. Permadani tenunan dari Ruth Dundas tersimpan di The Dundas Collection. Ruang pameran itu memiliki 12 permadani meliputi karya yang berasal dari San Francisco Tapestry Workshop, The Scheuer Tapestry Studio, maupun karya pribadi Dundas.

San Jose Museum of Quilts and Textiles buka setiap hari Rabu sampai Minggu pukul 10:00 – 17:00. Tiket masuknya sebesar $8 untuk pengunjung dewasa dan $6,50 untuk pelajar atau lansia.

Dari berbagai wilayah di San Jose pengunjung bisa mengakses VTA bus atau VTA rail dan transit menggunakan VTA Light Rail jalur 901 atau 902. Kereta tersebut akan mengantar Anda sampai Convention Center Station. Selanjutnya pengunjung tinggal berjalan kaki selama 9 menit untuk sampai San Jose Museum of Quilts and Textiles.

Dari San Jose Museum of Quilts and Textiles pengunjung bisa melanjutkan perjalanan wisata ke The Tech Museum of Innovation, The San Jose Institute of Contemporary Art, dan The Tech Museum of Innovation,

Hotel terdekat untuk beristirahat adalah Extended Stay Deluxe San Jose Downtown Hotel, Homestead San Jose Downtown Hotel, dan Crowne Plaza Downtown Hotel.

Peta Lokasi : View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,