3Berbicara mengenai transportasi massal di kota San Francisco maka ingatan Anda akan tertuju pada kendaraan khasnya yakni cable car. The San Francisco Cable Car System adalah ikon transportasi yang tidak bisa dipisahkan dari kota seluas 121 kilometer persegi itu. Cable car merupakan mobil kabel yang diperasikan secara manual. Pengelolaannya dipegang oleh The San Francisco Municipal Railway (Muni).

Sejarah angkutan umum ini dimulai sejak abad ke-19. Tahun 1869, sang penggagas Andrew Smith Hallidie menyaksikan kecelakaan sebuah kereta kuda akibat beban berat di jalanan kota yang curam. Peristiwa tersebut mengilhaminya untuk membuat alat transportasi yang aman meski melewati jalanan licin. Bersama rekannya ia mencoba mengembangkan cable car. Empat tahun berselang tepatnya 2 Agustus 1973 Hallidie melakukan uji coba kendaraan rancangannya dari Clay Street di Nob Hill sampai Jones Street. Tahun 1877 kendaraan umum yang semula dioperasikan menggunakan tenaga hewan dikonversi menjadi mobil kabel.

Alat transportasi umum itu terus dikembangkan sehingga menjadi seperti sekarang. Gempa bumi besar yang melanda San Francisco 18 April 1906 menghancurkan akses publik tersebut sehingga pemerintah mengoperasikan trem sebagai penggantinya. Alat transportasi yang menjadi ikon San Francisco itu mulai dioperasikan kembali enam tahun setelah gempa tepatnya pada bulan Mei. Tahun 1947, Roger Lapham, walikota yang saat itu menjabat memutuskan untuk menutup sistem cable car. Keputusan tersebut ditentang oleh kelompok masyarakat yang tergabung dalam The Citizen’s Committee to Save The Cable Cars. Setelah melaui jajak pendapat pada bulan November tahun yang sama, cable car pun dioperasikan kembali.

Bila ingin mengenal lebih jauh tentang sejarah kendaraan ini pengunjung bisa singgah ke Cable Car Barn & Powerhouse yang terletak di Mason Street. Dalam bangunan itu tersimpan mobil kabel pertama yang beroperasi tahun 1873. Pengunjung juga bisa menyaksikan foto-foto selama rekonstruksi tahun 1982-1984.

Dibawah pengoperasian Muni, cable car memiliki tiga jalur yang diberi nama sesuai rute operasinya. Powell-Mason Line melayani rute dari The Powell Market melewati Nob Hill hingga Bay Street di Fisherman’s Wharf. Jalur Powell-Hyde Line juga beroperasi dari The Powell Market ke arah Nob dan Russian Hills lalu berakhir di Aquatic Park dekat Ghiradelli Square. Sedangkan The California Street Line melaju melintasi East-West dari The Financial District, lewat Chinatown dan Nob Hill kemudian berhenti di Van Ness Avenue. Untuk membedakan ketiga jalur kendaraan ini pengunjung bisa mengenali warna cat mobilnya.

Kendaraan bersejarah tersebut memasang tarif $6 sekali jalan. Penumpang usia 5 – 17 tahun serta lansia mendapat potongan sebesar $0,75. Tiket tunai bisa diperoleh di tempat pemberhentian atau langsung dari kondektur cable car. Bagi para wisatawan disediakan paket perjalanan yang juga bisa digunakan untuk mengakses kendaraan umum lain seperti trem dan bus. Paket yang dikenal dengan nama Passports ini ditawarkan seharga $13 (sehari), $20 (tiga hari), dan $26 (sepekan). Bila Anda berniat tinggal untuk waktu yang lama pilih saja paket bulanan seharga $60 (dewasa) atau $15 (anak-anak dan lansia).

Rasanya waktu sehari kurang untuk menjelajahi San Francisco menggunakan kendaraan khasnya. Anda bisa beristirahat di The Fairmont San Francisco Hotel, Nob Hill Motor Inn Hotel, atau Castle Inn.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • cable car sebagai alternatif transportasi
  • transportasi di san fransisco
  • angkutan umum di amerika
  • transportasi tour di amerika
  • transportasi di kota san francisco
  • transportasi cable car
  • pemandangan kota san francisco
  • mobil kabel san francisco
  • kota sanfransisco amerika
  • kota san fransisco

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,