13Salah satu tempat paling bersejarah yang ada di San Francisco adalah Union Square Park. Taman yang dijuluki jantung hati San Francisco tersebut terletak di Geary Street. Disebut jantung hati karena di taman itu terdapat patung berbentuk hati, refleski karakteristik kota San Francisco yang selalu menerima dan bersikap toleran dengan hati yang terbuka.

Titik mula taman bersejarah itu adalah pada tahun 1847 ketika Jasper O’Farrell ditugaskan untuk mendesain tata ruang kota. Dari dua pilihan tempat yang ditawarkan ia memilih lokasi Union Square sebagai taman kota. Hal tersebut pun disetujui oleh walikota John Geary yang ketika itu menjabat. Realisasi ruang terbuka itu terwujud pada tahun 1950.

Di taman seluas 1,1 hektar itu pengunjung bisa bersantai di bangku taman. Teriknya cuaca tengah kota dinaungi oleh pohon palem di pinggir taman. Taman dan pepohonan yang ada juga menyeimbangkan kesegaran udara. The Dewey Monument menjadi titik pusat paru-paru kota tersebut. Monumen yang juga sering disebut American Navy Monument atau Naval Monument itu sengaja dibangun atas perintah Presiden Roosevelt untuk mengenang kemenangan Komodor Dewey atas armada Spanyol di Filipina. Selain tugu peringatan setinggi 3,7 meter itu ada landscape lain yang menghiasi pemandangan Union Square yakni Saint Francis Hotel yang berdiri sejak tahun 1904.

Taman yang berbatasan dengan Geary Street, Powell Street, Post Street, dan Stockton Street tersebut dikelilingi oleh pusat perbelanjaan modern. Sejak tahun 1880 daerah tersebut memang berkembang menjadi pusat perbelanjaan. Jadi jangan heran bila taman tersebut selalu ramai sepanjang hari.

Ada beberapa peraturan yang harus dipatuhi pengunjung saat berkunjung ke taman kota itu. Anda tidak diperkenankan merokok, membawa binatang peliharaan, bersepeda, ataupun bermain skateboard. Tentu saja pengunjung tidak boleh membuang sampah sembarangan apalagi berkemah dan tidur di taman. Selain itu, wisatawan juga tidak boleh memberi makan burung-burung yang berterbangan di kawasan taman. Merusak properti taman atau tanaman hias juga bukan perbuatan yang diizinkan.

Taman Union Square bisa dikunjungi sepanjang hari mulai pukul 06:00 pagi sampai tengah malam. Bila ingin membawa minuman beralkohol Anda wajib meminta izin kepada pengelola taman. Taman tersebut berada di kawasan pusat kota San Francisco sehingga pengunjung dapat mengakses alat transportasi umum seperti cable car atau Muni dari berbagai daerah di San Francisco dan berhenti di halte Market Street. Dari sana cukup berjalan kali beberapa menit menuju taman.

Setelah puas bermain di taman Anda bisa singgah ke Fleur de Lys atau Le Colonial untuk bersantap.

Hotel terdekat untuk menginap adalah Adagio Hotel, The Westin St Francis on Union Square Hotel, dan Beresford Hotel.

Peta Lokasi :View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • dewey monument union square terletak
  • negara manakah dewey monumen
  • wisata yang ada di san francisco

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,