Pernahkah Anda membayangkan berenang dan mandi di “kolam renang alam” dengan ukuran super luas? Datanglah ke Hanauma Bay agar dapat merasakan sensasinya.

Hanauma Bay adalah perairan yang tercipta akibat ledakan vulkanik ribuan tahun lalu. Letusan ini membentuk kawah didasar laut yang kini berwujud teluk melingkar dengan pesona pemandangan yang luar biasa. Itu sebabnya, Hanauma disebut sebagai perhiasan pulau Oahu, bagian dari kepulauan Hawai, Amerika Serikat. Nama “Hanauma” merupakan gabungan dari dua kata yakni “hana” yang berarti teluk dan “uma” yang berarti melengkung. Ya, dari kejauahan Hanauma memang tampak melengkung. Di sudut yang menjorok ke daratan inilah biasanya para wisatawan memuaskan hasrat mereka untuk berenang dan melakukan aneka aktivitas liburan lainnya.

Warga asli Hawai sudah selama ribuan tahun menikmati kehidupan di teluk ini. Pantai dan taman alam yang memesona itu menjadi daya tarik wisata sekaligus kebanggan mereka. Tak heran jika akses menuju Hanauma pun diperbaiki. Jalan-jalan tanah diaspal sejak tahun 1931. Beberapa fasilitas penunjang seperti kamar mandi dan tempat peristirahatan dibangun. Hal ini membuat Hanauma selalu dijubeli wisatawan dari seantero negeri. Menyadari bahwa seiring dengan tingginya jumlah pengunjung berbanding lurus dengan kerusakan alam, maka pada tahun 1990an pengelola setempat mulai mengedukasi para turis untuk peduli akan kelestarian alam Hanauma Bay.

Hanauma memang tidak sekedar destinasi wisata biasa. Ia dirancang menjadi kawasan konservasi alam yang menyimpan kekayaan alam. Itu pula yang membuat namanya berubah dari Hanauma Bay Beach menjadi Hanauma Bay Nature Preserve. Pengunjung diwajibkan untuk menahan diri dan tidak sembarangan dalam memperlakukan hewan laut dan biota lainnya. Terumbu karang yang ada di perairan ini memang ada di bagian-bagian yang dangkal. Anda bisa dengan mudah melihatnya tanpa harus menyelam di kedalaman tertentu. Sekitar 400 jenis ikan menghuni teluk ini. Hanauma dikenal sebagai habitat dari penyu hijau, Chleonia Mydas. Tidak hanya itu, Hanauma juga menjadi tempat pembibitan untuk kura-kura dewasa.

Jika tertarik untuk mengunjungi objek wisata ini Anda bisa menikmati lanskap alamnya sejak pukul 6 pagi hingga 7 malam selama musim panas. Khusus pada hari Selasa Hanauma ditutup alias tidak menerima kunjungan wisatawan. Saat musim dingin, teluk ini dibuka sejak pukul 6 pagi hingga 6 sore.

Untuk mencapai kawasan tersebut Anda bisa menumpang bus nomor 22 dari Waikiki. Dari Waikiki, Hanauma berjarak sekitar 10 mil.

Selama berlibur di Hawai Anda bisa menginap di Moana Surfrider A Westin Resort & Spa, Sheraton Princess Kaiulani Hotel dan Aston Waikiki Joy Hotel.

Objek wisata lainnya yang bisa Anda kunjungi adalah Waimea Arboretum, Lahaina dan Hawaii Volcaones National Park.

Peta lokasi View Larger Map

Rujukan sarana wisata di Yogyakarta : info sewa mobil di Yogyakarta

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • Teluk Hanauma
  • kolam renang terbesar di amerika
  • Amerika Hawai
  • luas kedalaman teluk hanauma

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,