Cina dikenal sebagai bangsa yang memiliki peradaban tinggi. Persebaran etnis ini juga sangat luas mengakibatkan hampir tiap negara bahkan kota di dunia memiliki kawasan yang disebut dengan Chinatown. Di Honolulu Chinatown tak sekedar pemukiman biasa. Disinilah sejarah lokal etnis Tionghoa di Hawai bermula.

Seorang ahli sejarah mengatakan bahwa kedatangan orang Tionghoa pertama di Hawai terjadi pada tahun 1789. Pada masa itu mereka bekerja di perkebunan gula dan membentuk sebuah komunitas . nama “Chinatown” pertama kali digunakan pada tahun 1870. Pada 1886 bencana melanda. Kebakaran berkobar di kawasan ini selama 3 hari dan menghancurkan sebagaian besar rumah dan bangunan yang tersebar di 8 blok. Sekitar 7000 masyarakat China kehilangan hunian mereka. Kondisi ini mengakibatkan beberapa diantara mereka terserang wabah penyakit . Sejarah yang panjang beserta aral rintangan yang mereka alami tak membuat kawasan ini surut. Kini, Chinatown justru menjadi kawasan paling menarik di Honolulu.

Distrik bersejarah tersebut berada di pusat kota dan menjadi tempat berkumpul warga asli Hawai, pendatang dan – tentu saja – etnis Tionghoa. Terletak antara Nuuanu Stream dan Nuuanu Avenue, keberadaan Chinatown membuat kontak lintas budaya terjadi. Sebagai pintu gerbang ke Hawai untuk banyak imigran, tempat ini merupakan kombinasi dari warna-warni budaya Asia Tenggara. Orang-orang dari Vietnam, Laos, Cina, Jepang, Thailand, Filipina dan Korea bekerja dan hidup berdampingan dengan harmonis.

Mengunjungi tempat ini Anda akan mendapatkan pengalaman berbelanja yang mengesankan. Toko-toko, galeri dan restoran berjajar menanti kedatangan para wisatawan. Daya tarik utama Chinatown adalah pasar Oahu (Oahu Market) yang merupakan kompleks pertokoan dengan aneka ragam barang jualan. Ada ikan segar, buah-buahan dan sayuran. Produk-produk pertanian dan perikanan yang masih segar seringkali menggoda para pengunjung untuk memborong. Pisang, pepaya, dan jeruk digantung pada bagian luar pasar. Mengugah selera dan membuat pasar ini semakin berwarna. Selain pasar Oahu Anda juga bisa mengunjungi Maunakea Marketplace, Kekaulike Market , pasar bunga dan restoran-restoran yang menyajikan makanan khas Asia. Misalnya Saigon Vietnamese Cuisine, Wo Fat Dim Sum Restaurant, Yusura Japanese Restaurant dan masih banyak lagi.

Lebih dari itu, Chinatown yang sudah menjadi pusat perdagangan dan bisnis selama 125 tahun memiliki lanskap yang menarik. Aneka bangunan tua yang telah berdiri lebih dari 100 tahun masih dapat ditemui hingga sekarang. Suasana “kota tua” yang sangat kental inilah membuat walking tour di Chinatown selalu menyenangkan.

Cara terbaik untuk mencapai lokasi ini dari Waikiki adalah dengan menggunakan bus nomor 2 atau 20 yang langsung menuju Chinatown.

Selama liburan di Honolulu Anda bisa mengunjungi beberapa landmark penting kota ini seperti Aloha Tower, Hawaii Maritime Center dan Iolani Palace.

Hotel yang bisa menjadi pilihan menginap adalah Castle Pacific Marina Inn Hotel, Ohana Honolulu Airport Hotel dan Best Western The Plaza Airport Hotel

Peta lokasi View Larger Map

Rujukan sarana wisata di Yogyakarta : info sewa mobil di Yogyakarta

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • tionghoa hawaii
  • bekerja di hawai

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,