Kilaeua Volcano adalah salah satu gunung berapi paling aktif di dunia. Untuk mengabadikan semua aktivitasnya berdirilah Hawaii Volcanoes National Park pada tahun 1916 yang berada di bagian tenggara kepulauan Hawaii. Saking populernya, taman nasional ini dijuluki sebagai tempat suci oleh warga setempat.

Menempati area seluas 333.000 hektar, objek wisata ini memungkinkan kita untuk melakukan banyak hal. Tersedia 150 mil trek untuk mendaki (hiking) melalui kawah gunung berapi. Semua sajian alam yang terbentuk secara alami ini bagaikan sebuah museum alam yang memungkinkan kita untuk belajar tentang hal-hal yang berhubungan dengan kegunungapian. Sejatinya, tidak hanya Kilaeua saja yang menjadi daya tarik taman nasional ini, namun juga gunung Manunaloa yang terakhir meletus pada tahun 1984. Keragaman alam yang luar biasa ini diakui dunia dan oleh UNESCO ditasbihkan sebagai biosfer dunia (World Biosphere) dan menjadi situs warisan dunia (World Heritage Site) pada tahun 1987.

Kilauea hingga saat ini masih produktif menghasilkan 250.000 – 650.000 meter kubik lava per hari. Tak ada yang tahu kapan gunung ini akan meletus lagi, namun yang pasti lelehan lava yang bertemu dengan lautan adalah atraksi terpenting dan paling indah yang banyak diburu oleh para wisatawan.

Saat mengunjungi taman nasional ini Anda bisa memilih atraksi apa yang ingin kita tonton. Misalnya, Kilauea Visitor Center yang buka sejak pukul 07.45 hingga 17.00. Di tempat ini kita bisa melihat film yang menampilkan informasi umum tentang taman nasional ini. Selanjutnya, bergabunglah di Crater Rim Drive. Disini Anda bisa mengelilingi kaldera Kilaeua sepanjang 10,6 mil. Inilah atraksi utama berupa lelehan lava bisa kita nikmati. Bagi yang tertarik dengan studi tentang vulkanologi Anda bisa datang ke Thomas A. Jaggar Museum yang buka pukul 08.30 – 17.00. Di tempat ini kita bisa melihat video tentang gunung berapi beserta peta geologinya.

Selanjutnya ada kawah Halemaumau yang dipercaya sebagai rumah dari Pele, Dewi Gunung Berapi. Pada tahun 1967 kawah ini dipenuhi dengan lava yang akhirnya terkuras habis. Yang tak kalah mengasyikkan adalah mengunjungi Thurston Lava Tube yang berupa gua. Lokasi ini sudah berumur sekitar 500 tahun dan menjadi tempat dimana lava dialirkan. Ruangan besar berongga itu sangat menarik untuk disusuri karena berujung pada sebuah hutan hujan tropis yang indah. Selain itu Anda bisa mengunjungi beberapa titik lainnya seperti Chain of Craters Road, Volcano House dan Puu Oo Vent.

Sebagai persiapan, Anda sebaiknya membawa makanan dan air minum. Berpakaianlah yang tepat dengan sepatu, celana panjang serta jaket. Alat yang harus Anda bawa adalah teropong, senter dan – tentu saja- kamera untuk mengabadikan setiap momen berharga.

Taman nasional yang buka setiap hari selama 24 jam ini menetapkan tiket masuk sebesar $ 1000 per kendaraan untuk kunjungan selama 7 hari. Sedangkan untuk pejalan kaki dan pengendara sepeda $ 500. Bagi yang datang dengan menggunakan bus atau tergabung dalam tur, biaya masuk dibedakan berdasarkan kapasitas penumpang.

Jika memulai perjalanan dari Hilo, Hawaii Volcanoes National Park berjarak 30 mil sebelah barat daya Highway 11. Jika dari Kailua-Kona ia berada di 96 km sebelah tenggara Highway 11. Anda bisa memilih rute Highway 19 dan 11 melalui Waimea dan Hilo.

Selain taman nasional ini, Hawaii masih memiliki destinasi wisata lainnya seperti Hanauma, Waimea Arboretum dan Lahaina.

Selama liburan di kawasan ini Anda bisa menginap di Hilo Seaside Hotel, Naniloa Volcanoes Resort dan Castle Hilo Hawaiian Hotel

Peta lokasi View Larger Map

Rujukan sarana wisata di Yogyakarta : info sewa mobil di Yogyakarta

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • gunung park amerika serikat
  • gunung volcanoes national park
  • hawaii taman volcanoes
  • hawaii volcanoes national park

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,