Diamond Head adalah landmark yang sangat terkenal di kepulauan Hawai. Bentuknya kerucut dan mirip dengan kawah. Lokasi yang sering dijadikan tujuan hiking ini terbentuk akibat letusan gunung berapi setengah juta tahun lalu. Kini statusnya tak lagi aktif, setidaknya sejak 150 ribu tahun lampau. Terletak di Oahu, diameter kawah Diamong Head selebar 3.500 meter dan menjadi bagian dari rantai gunung berapi di Hawai.

Oleh warga lokal Hawai, Diamond Head disebut dengan nama Le’ahi. Julukannya berubah menjadi “Diamond Head” akibat kunjungan seorang pelaut Inggris 200 tahun lalu yang menyakni adanya berlian di sisi kawah. Kendati tidak menemukan apapun, namun nama Diamond Head tetap digunakan.

Jalur yang dibangun di Diamond Head ada sejak tahun 1908 sebagai bagian dari sistem pertahanan kawasan pesisir. Pada Perang Dunia II, diatas kawah ini dibangun sebuah bunker lengkap dengan antena yang digunakan oleh pemerintah. Letaknya yang berada di ketinggian membuat Diamond Head adalah titik strategis untuk kegiatan pengintaian oleh militer. Pada tahun 1968, destinasi wisata itu dinobatkan menjadi National Natural Landmark. Tak heran jika kini, Diamond Head menjadi salah satu tujuan pendakian paling populer di Oahu.

Sebenarnya tak sulit untuk menyusuri Diamond Head. Anda hanya perlu berkendara menuju tempat ini tepatnya di bagian bawah kawah. Setelah sampai ada 175 anak tangga yang akan memandu Anda untuk mencapai puncak. Sebelum sampai ke sana, Anda akan melewati terowongan dan bunker nan gelap. Setelah melewati bagian ini kita akan sampai di titik paling atas Diamond Head. Kelelahan dan peluh akan terbayar lunas setelah melihat indahnya panorama Honolulu. Lanskap alam Honolulu akan memukau para wisatawan. Ada lautan, pegunungan hingga gedung-gedung mencakar langit yang menyembul. Birunya langit menambah pesona alam kawasan ini.

Oya, persiapkan stamina Anda sebaik mungkin sebelum mengunjungi Diamond Head karena beberapa jalur sangat curam dan tidak rata. Kendati demikian, Diamond Head tetap bisa dilalui bahkan untuk para penyandang disabilitas. Gunakan sepatu yang nyaman, bawalah air mineral dan memakai topi serta tabir surya agar sinar matahari tak langsung mengenai kulit Anda.

Kita juga harus senantiasa memerhatikan jam kunjungan karena jadwal terakhir memasuki Diamond Head adalah pukul 4.30 sore. Pada pukul 6 malam semua pengunjung diharapkan sudah keluar dari kawasan ini. Setiap hari pendakian bisa dimulai sejak pukul 6 pagi dengan tiket masuk seharga $ 6.

Jika Anda berencana untuk mendaki pada Sabtu pagi jangan lupa untuk mampir ke Kapiolani Commuity College Farmer’s Market yang menjual aneka makanan lokal Oahu. Di sekitar lokasi ini juga terdapat beberapa kafe dan restoran yang menyajikan menu-menu andalah khas Diamond Head.

Untuk mencapai tempat ini kita bisa menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan. Arahkan kemudi Anda ke timur Waikiki. Dari titik ini ke Diamond Head hanya membutuhkan waktu tempuh selama 5 menit.

Selama di Hawai Anda bisa mengunjungi destinasi wisata lainnya seperti Molokini, pantai Lanikai dan Haleakala.

Hotel yang bisa Anda singgahi saat liburan adalah Moana Surfrider A Westin Resort & Spa, Sheraton Princess Kaiulani Hotel dan Aston Waikiki Joy Hotel.

Peta lokasi View Larger Map

Rujukan sarana wisata di Yogyakarta : info sewa mobil di Yogyakarta

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • wisata diamond head hawaii

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,