Dunia luar angkasa selalu menyimpan misteri yang menarik untuk dipelajari. Di Imiloa Astronomy Center kita bisa mengetahui lebih banyak tentang hal itu. Menarik.

Imiloa Astronomy Center of Hawai merupakan pusat pendidikan astronomi dan budaya yang terletak di Hilo. Institusi ini merupakan bagian dari University of Hawai. Dibuka pada tahun 2006, Imiloa dalam bahasa lokal berarti ‘mengejar pengetahuan yang mendalam’. Bangunan ini menempati lahan seluas 40 ribu meter persegi dengan ruang planetarium yang dibiayai oleh NASA. Sebagai salah satu destinasi wisata keluarga yang menarik, Imiloa sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Di Imiloa, pengunjung bisa melakukan pendakian simulasi Gunung Maunakea. Saat turut serta dalam kegiatan ini Anda bisa sekaligus mendapatkan informasi tentang asal usul kehidupan, awal mula alam semesta dari sudut pandang ilmiah dan hal-hal lain yang berhubungan dengan wawasan astronomi. Menariknya lagi, semua pameran disajikan dalam dua bahasa sekaligus yakni Hawai dan Inggris.

Pusat astronomi memiliki bangunan dengan bentuk kubah (dome). Selain unik, Imiloa Astronomy Center tersebut dinobatkan sebagai planetarium dengan bangunan kubah pertama di dunia yang dilengkapi 3D stereoscopic.

Hal pertama yang bisa kita lihat saat pertama kali memasuki Imiloa adalah sebuah gift store yang menjual segala benda yang berhubungan dengan dunia astronomi. Planetariumnya terletak tepat di sebelah kanan pintu masuk. Disini kita bisa melihat 3D globe yang mengesankan. Di dalam ruang pameran terdapat replika teleskop gemini. Ruang utama dari Imiloa Center menyediakan berbagai hal yang berhubungan dengan pendidikan dan pengajaran bahasa Hawai serta astronomi untuk murid dan guru.

Imiloa terletak di 600 Imiloa Place, hanya butuh beberapa menit perjalanandari downtown Hilo. Lokasinya berhadapan dengan Hilo Bay. Desain bangunannya terdiri dari 3 kerucut titanium yang cukup besar. Secara simbol hal ini mewakili 3 gunung berapi di Hawai yakni Mauna Kea, Mauna Loa dan Hualalai. Ruang pameran, planetarium, toko sovenir dan Sky Garden Cafe terbuka untuk umum setiap Selasa hingga Minggu. Acara perbincangan tentang bintang yang bertitel ‘Mauna Kea Skies’ diadakan di planetarium pada hari Sabtu setiap akhir bulan. 

Fasilitas lain yang bisa dinikmati oleh pengunjung adalah restoran yang terletak di dekat gerbang masuk. Dari kafe ini kita bisa melihat Hilo Bay yang indah. Anda dapat mengunjungi tempat yang mengesankan ini setiap Selasa hingga Minggu pukul 09.00 – 17.00. Khusus hari Senin, Thanksgiving Day, Christmas Day dan New Years Day, Imiloa tutup. Harga tiket masuk Imiloa serta berbagai program yang mereka miliki bisa Anda lihat di laman http://www.imiloahawaii.org/3/buying-tickets.

Untuk mencapai tempat ini Anda dapat menumpang bus di Mooheau Bus Terminal menuju gerbang utama University oh Hawaii.

Destinasi wisata lain yang bisa Anda kunjungi adalah Rainbow Falls, Coconut Island dan Waipio Valley.

Selama berada di Hilo Anda bisa menginap di Hilo Seaside Hotel, Naniloa Volcanoes Resort dan Castle Hilo Hawaiian Hotel.

Peta lokasi View Larger Map

Rujukan sarana wisata di Yogyakarta : info sewa mobil di Yogyakarta

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • 47 dlm bahasa hawai
  • liburan ke luar angkasa

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,