Sejarah, budaya dan kekayaan Hawai memang tak pernah habis untuk dibicarakan. Berbagai museum dan pusat informasi tentang negara bagian ini selalu diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Adalah Mokupapapa Discovery Center yang dibuka sejak Mei 2003 yang sayang jika Anda lewatkan begitu saja. Di tempat inilah kita bisa mendapatkan banyak pengetahuan tentang Hawai.

Mokupapapa dibangun untuk menafsirkan dan menyediakan program pendidikan tentang ilmu pengetahuan alam, budaya dan sejarah. Karena Hawai terdiri dari pulau dan laut maka Mokupapapa didesain agar bisa ‘membawa’ orang-orang untuk lebih peduli dengan isu-isu konservasi.

Di Mokupapapa, kita bisa belajar bagaimana kepulauan Hawai terbentuk melalui sebuah animasi. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat grafis-grafis indah, teks dan foto yang menggambarkan tentang sejarah, budaya, ekologi Hawai. Gambar besar yang menunjukkan keindahan terumbu karang juga bisa Anda jumpai.

Mokupapapa tidak hanya terdiri dari ruang pameran. Fasilitas lain yang disediakan adalah ruang kelas, teater dan pusat pelatihan. Tak heran jika kurang lebih 60 ribu pengunjung per tahun telah datang ke tempat ini. Tidak hanya itu, tercatat 7 ribu siswa pernah mengikuti kursus singkat musim panas di Mokupapapa. Miniatur beberapa jenis ikan yang sangat populer seperti manta ray, big-eye scad, shark, dan tellowfin tuna juga menjadi salah satu sudut yang paling disukai pengunjung.

Oya, baru-baru ini Mokupapapa Discovery Center menempati lokasi baru yakni di Koehnen Building yang berada tepat di pertemuan Kamehameha dan Waianuenue Avenue. Sebelumnya Mokupapapa menempati S. Hata Building yang terletak di dekat Cafe Pesto. Dengan gedung baru tersebut, diharapkan makin banyak ruang dan koleksi tentang kepulauan Hawai yang bisa dipamerkan. Rencananya, pembukaan gedung baru untuk umum itu akan dilakukan pada akhir Oktober 2013 bersamaan dengan selebrasi ulang tahun Mokupapapa Discovery Center yang ke-10.

Nah, jika Anda berminat untuk melihat wajah baru Mokupapapa dan terlibat dalam gelaran ulang tahun tersebut, lokasi ini bisa dicapai dengan bus, taksi ataupun kendaraan pribadi. Mokupapapa cukup mudah ditemukan karena berada di downtown Hilo.

Destinasi wisata lain yang bisa kita kunjungi selama di kota ini adalah Imiloa Astronomy Center, Lyman Museum dan Richardson Beach Park

Selama berada di Hilo Anda bisa menginap di Hilo Seaside Hotel, Naniloa Volcanoes Resort dan Castle Hilo Hawaiian Hotel.

Peta lokasi View Larger Map

Rujukan sarana wisata di Yogyakarta : info sewa mobil di Yogyakarta

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,