Indonesia dan Hawai memiliki beberapa kesamaan. Salah satunya adalah kedua negara ini memiliki perairan yang berpotensi tsunami. Besarnya ancaman tsunami membuat Hawai memiliki Pacific Tsunami Museum yang digunakan sebagai salah satu pusat informasi tentang bencana alam tersebut.

Pada tanggal 1 April 1946 tsunami yang disebabkan oleh gempa berkekuatan 7,8 skala richter di dekat Aleutians, sebuah kawasan yang dekat dengan Hilo. Gelombang pertama setinggi 35 meter menghantam berbagai tempat. Tercatat 159 orang di Big Island tewas, 96 diantaranya masyarakat Hilo. Belajar dari peristiwa itu maka pada tahun 1948 sistem peringatan dini untuk mengetahui adanya pergerakan seismik dibangun.

Cerita lain tentang tsunami juga terjadi pada 23 Mei 1960. Saat itu Chili mengalami gempa 9,5 skala richter yang mengakibatkan gelombang tsunami di perairan pasifik. Hilo-pun kembali terkena imbasnya. Saat itu gelombang tsunami terjadi saat malam hari dan menghancurkan kawasan Waikea Town. Kali ini tercatat 61 orang korban tewas.

Pacific Tsunami Museum dibangun bukan untuk mengenang peristiwa buruk tersebut. Lebih dari itu museum kecil ini memiliki misi untuk mendidik penduduk Hilo tentang kesiapsiagaan tsunami. Tak heran jika pengunjungnya pun beragam, mulai dari wisatawan, orang dewasa hingga anak-anak sekolah.

Menempati gedung yang menjadi satu-satunya bangunan yang selamat dari amukan tsunami, Pacific Tsunami Museum berisi pameran informasi baik yang disajikan secara statis maupun interaktif. Kliping berita, foto dan teks yang mendeskripsikan bencana tsunami di Hilo menjadi salah satu koleksi museum ini. Pengunjung juga bisa mengoperasikan mesin yang akan memperagakan bagaimana bencana tsunami dapat terjadi dan meluluhlantakkan permukiman warga. Tidak hanya itu,Pacific Tsunami Museum juga mengajarkan bagaimana cara evakuasi jika fenomena alam itu terjadi.

Sebuah video sejarah tsunami juga akan memberikan informasi kepada kita tentang seluk beluk gelombang pasang tersebut. Pengelola museum terlihat sangat senang untuk menjelaskan kepada pengunjung tentang tsunami termasuk bagaimana membangun kesigapan warga yang berada di sekitar pesisir pantai. Hilo barangkali merupakan tempat yang jarang disebut jika sedang membicangkan tsunami. Ya, kendati termasuk daerah yang rawan namun ‘popularitasnya’ masih kalah dengan Jepang.

Setelah puas melihat seluruh koleksi museum dan keluar dari bangunan ini Anda akan melihat teluk yang indah. Dari titik tersebut kita dapat membayangkan seberapa cepat Anda bisa menuju jalur evakuasi jika peringatan dini terjadinya tsunami berbunyi.

Terletak di 130 Kamehameha Ave, Hilo, museum ini bisa Anda kunjungi setiap Senin hingga Sabtu pukul 09.00 – 16.00. Tiket masuknya seharga $ 8.00, khusus untuk anak-anak usia 6 – 17 tahun $ 4.00 dan anak-anak dibawah 5 tahun gratis. Untuk mencapai lokasi ini Anda bisa naik bus rute 19.

Destinasi wisata lain di Hilo yang sayang untuk dilewatkan begitu saja adalah Coconut Island, Waipo Valley dan Rainbow Falls.

Selama berada di Hilo Anda bisa menginap di Hilo Seaside Hotel, Naniloa Volcanoes Resort dan Castle Hilo Hawaiian Hotel.

Peta lokasi View Larger Map

Rujukan sarana wisata di Yogyakarta : info sewa mobil di Yogyakarta

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,