Tempat bersejarah di beberapa negara biasanya berupa tempat ibadah yang menandai proses penyebaran agama pertama kali di kawasan itu. Hal yang sama terjadi di di Hawai. Adalah Gereja Kawaiahao yang merupakan bangunan bersejarah sarat makna. Ia adalah gereja Kristen pertama yang dibangun di Oahu pada 21 Juli 1842.

Gereja ini sering disebut dengan The Great Stone Church. Dinamakan seperti itu karena gereja tersebut dibangun dengan 14 ribu lempeng karang yang diangkut dari laut oleh para pekerja dan misionaris. Total waktu yang dibutuhkan untuk membangun gereja ini adalah 5 tahun. Para pekerja yang dikerahkan untuk membangun tempat suci ini berjumlah sekitar seribu orang. Kawaiahao Church juga merupakan tempat penobatan Raja Kamehameha IV serta lokasi pernikahan Ratu Emma. Gereja ini pun ditetapkan menjadi National Historic Landmark pada tahun 1962.

Ketika berjalan-jalan ke pusat kota Honolulu, kita barangkali akan mendengar suara lonceng dari menara jam Kawaiahao Church. Jam yang sering disebut dengan Kauikeaouli itu merupakan pemberian dari Raja Kamehameha III pada tahun 1850. Tidak hanya itu, kepingan sejarah juga terdapat di sebelah kanan pintu masuk gereja dimana terdapat makam Raja Lunalilo. Ia merupakan raja yang cukup populer di Hawai dan dimakamkan ditengah-tengah pemakaman umum. Pada umumnya raja-raja Hawai beristirahat di Royal Mausoleum. Di sebelah kiri gereja kita bisa melihat sebuah air mancur Kawaiahao yang dianggap suci oleh umat setempat. Potret keluarga kerajaan menghiasi dinding lantai II. Gereja ini juga dekat dengan situs sejarah lainnya Istana Iolani, patung King Kamehameha I, Mission Houses Museum dan Washington Place.

Kawaiahao Church yang sudah berumur lebih dari seabad ini hingga sekarang masih berfungsi dengan baik sebagai pusat ibadah bagi orang-orang Hawai. Setiap hari Minggu, Kawaiahao ramai dikunjungi para jemaat. Uniknya, Kawaiahao adalah salah satu tempat ibadah yang masih menawarkan layanan dalam bahasa Hawai. Dari segi arsitektur tempat ibadah ini juga sangat menonjol karena tinggi dan megah. Begitu melewatinya, pandangan kita akan langsung tertuju pada 4 pilar utama yang terlihat dari depan gereja. Pilar-pilar inilah yang menjadi ornamen utama gereja pada bagian fasad. Selain itu, kita bisa melihat jam kuno yang hingga kini masih berfungsi.

Untuk mencapai tempat ini Anda bisa menggunakan bus rute 80 menuju downtown Honolulu.

Selama di Honolulu Anda bisa menginap di di Castle Pacific Marina Inn Hotel, Pagoda Hotel dan Ala Moana by Luxury Suites International.

Peta lokasi View Larger Map

Rujukan sarana wisata di Yogyakarta : info sewa mobil di Yogyakarta

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Incoming search terms:

  • gereja di hawai
  • kristen di hawai

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,