Lyman Museum awalnya bernama Lyman Mission House. Dibangun untuk misionaris asal Inggris, David dan Sarah Lyman pada 1839. Kini, rumah tersebut lebih dari sekedar hunian. Bagi penyuka sejarah, Anda wajib datang ke tempat ini.

Sekitar 100 tahun kemudian dari awal pendiriannya yakni tepatnya pada tahun 1931, keturunan mereka mendirikan museum. Bahkan, setelah direhabilitasi mission house ini menjadi ‘penghuni’ State and National Registers of Historic Places yang sering dikunjungi oleh wisatawan maupun tur.

Museum ini memiliki koleksi artefak dan benda seni rupa (fine art). Selain itu pengunjung bisa melihat pameran sejarah alam dan beberapa pameran khusus lainnya. Pengunjung biasanya akan menjalani dua tur sekaligus yakni melihat mission house yang dibangun ratusan tahun lalu serta pameran yang menonjolkan aspek sejarah dan budaya Hawai. Koleksi seperti dokumen sejarah, buku serta fotografi akan memberikan pengetahuan berarti kepada Anda terkait dengan negara bagian ini.

Cerita unik tidak hanya terkait dengan museum ini saja, beberapa pengunjung juga tertarik dengan bagaimana rumah ini saat pertama kali dibangun. Rumah Lyman terdiri dari dua lantai. Lantai pertama didominasi dengan interior kayu khas Hawai. Lantai kedua khusus untuk ruang tidur 8 anak mereka. Sedangkan dapur berada agak terpisah dengan rumah utama. Renovasi pada tahun 1856 membuat rumah ini memiliki bangunan di bagian sayap yang digunakan sebagai ruang belajar dan perpustakaan.

David dan Sarah tiba di Hawai pada tahun 1832. Mereka tercatat pernah mendirikan sebuah gereja pada tahun 1868 untuk warga asing yang menetap di Hilo. Sampai akhir hayatnya, pasangan ini tidak pernah kembali ke Inggris dan lebih memilih menghabiskan waktu untuk menetap di Hawai.

Museum dan Mission House terbuka untuk umum setiap hari Senin – Sabtu pukul 10.00 – 16.30. Khusus pada hari Minggu, 1 Januari, 4 Juli, hari buruh, perayaan Thanksgiving dan Natal museum ini tutup. Jika menjadi anggota Lyman Museum, Anda tidak akan dibebani biaya masuk. Sedangkan untuk wisatawan lain (non-member) harus membayar $ 10 untuk dewasa, $ 8 untuk pengunjung diatas 60 tahun serta $ 3 untuk pengunjung anak-anak.

Museum yang berlokasi 276 Haili Street ini bisa Anda capai dengan naik bus umum menuju kawasan downtown Hilo, tepatnya di Mooheau Bus Terminal.

Destinasi wisata yang dekat dengan Lyman Museum adalah Pacific Tsunami Museum. Objek kunjungan lain yang sayang untuk dilewatkan adalah Rainbow Falls dan Richardson Beach Park.

Selama berada di Hilo Anda bisa menginap di Hilo Seaside Hotel, Naniloa Volcanoes Resort dan Castle Hilo Hawaiian Hotel.

Peta lokasi View Larger Map

Rujukan sarana wisata di Yogyakarta : info sewa mobil di Yogyakarta

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,