Segala hal yang berhubungan dengan sejarah selalu menarik untuk diperbincangkan. Apalagi jika berkaitan dengan tempat-tempat yang dulunya menjadi bagian dari perjalanan bangsa. Nah, Hawai juga menyediakan destinasi sejarah yang tak kalah seru dengan wilayah lainnya di Amerika Serikat. Salah satu yang paling terkenal adalah Captain Cook Landing Site di Waimea, Kauai.

Captai Cook yang bernama lengkap Kapten James Cook adalah nama yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Ia pernah singgah di Batavia – kini disebut Jakarta- pada tahun 1779 untuk memperbaiki kapalnya. Kapten yang berkebangsaan Inggris ini telah mengadakan tiga perjalanan ke Samudera Pasifik dan berhasil menentukan garis-garis pantai utamanya. Ia pun berhasil membuat peta sekaligus mentasbihkan diri sebagai orang Eropa pertama yang mengunjungi Hawai.

Bahkan dalam beberapa publikasi, Cook-lah yang disebut sebagai penemu kepulauan yang menjadi negara bagian dari Amerika Serika tersebut. Saat itu, tepatnya pada 20 Januari 1778, ia sudah sampai di Hawai saat belum ada satupun pelayar yang bisa menjejakkan kaki. Cook mendarat dengan dua kapalnya yakni Resolution dan Discover dan menyebut Hawai sebagai “sandwich isles”. Malangnya pada setahun setelah kedatangannya itu ia terlibat perseteruan dengan penduduk setempat hingga ia terbunuh di pelabuhan Kealakekua, Big Island.

Kini tempat Cook pertama kali mendarat tepatnya terletak di Lucy Wright Park yang berada di seberang pantai Waimea menjadi salah satu National Historic Landmark sejak 21 Agustus 1935. Di tempat ini kita akan melihat pahatan yang bertuliskan “Cook landing site” dan beberapa penjelasan lain. Plakat tersebut ditanam pada sebuah batuan besar.

Untuk mencapai lokasi ini Anda bisa menumpang transportasi umum bernama Hele-On-Bus atau sering disebut dengan Hawaii County Mass Transit Agency.

Selain Captain Cook Landing Site, kita bisa mengunjungi destinasi lain di kawasan Kauai seperti tunnel of trees, Kilohana dan Koloa.

Selama liburan Anda bisa menginap di Aston Aloha Beach Hotel, Outrigger Waipouli Beach Resort dan Marc Resorts At Pono Kai.

Peta lokasi View Larger Map

Rujukan sarana wisata di Yogyakarta : info sewa mobil di Yogyakarta

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,