Selain wisata alam dan kuliner, Amerika Utara juga memiliki wisata edukasi yang tak kalah menarik. Tidak percaya ? Lihat ini !

  • Pacific Tsunami Museum

8069389Indonesia dan Hawai memiliki beberapa kesamaan. Salah satunya adalah kedua negara ini memiliki perairan yang berpotensi tsunami. Besarnya ancaman tsunami membuat Hawai memiliki Pacific Tsunami Museum yang digunakan sebagai salah satu pusat informasi tentang bencana alam tersebut.

Pada tanggal 1 April 1946 tsunami yang disebabkan oleh gempa berkekuatan 7,8 skala richter di dekat Aleutians, sebuah kawasan yang dekat dengan Hilo. Gelombang pertama setinggi 35 meter menghantam berbagai tempat. Tercatat 159 orang di Big Island tewas, 96 diantaranya masyarakat Hilo. Belajar dari peristiwa itu maka pada tahun 1948 sistem peringatan dini untuk mengetahui adanya pergerakan seismik dibangun.

Cerita lain tentang tsunami juga terjadi pada 23 Mei 1960. Saat itu Chili mengalami gempa 9,5 skala richter yang mengakibatkan gelombang tsunami di perairan pasifik. Hilo-pun kembali terkena imbasnya. Saat itu gelombang tsunami terjadi saat malam hari dan menghancurkan kawasan Waikea Town. Kali ini tercatat 61 orang korban tewas. Read More.

  • Imiloa Astronomy Center

la-trb-fulldome-film-festival-hilo-hawaii-2013-001Dunia luar angkasa selalu menyimpan misteri yang menarik untuk dipelajari. Di Imiloa Astronomy Center kita bisa mengetahui lebih banyak tentang hal itu. Menarik.

Imiloa Astronomy Center of Hawai merupakan pusat pendidikan astronomi dan budaya yang terletak di Hilo. Institusi ini merupakan bagian dari University of Hawai. Dibuka pada tahun 2006, Imiloa dalam bahasa lokal berarti ‘mengejar pengetahuan yang mendalam’. Bangunan ini menempati lahan seluas 40 ribu meter persegi dengan ruang planetarium yang dibiayai oleh NASA. Sebagai salah satu destinasi wisata keluarga yang menarik, Imiloa sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Di Imiloa, pengunjung bisa melakukan pendakian simulasi Gunung Maunakea. Saat turut serta dalam kegiatan ini Anda bisa sekaligus mendapatkan informasi tentang asal usul kehidupan, awal mula alam semesta dari sudut pandang ilmiah dan hal-hal lain yang berhubungan dengan wawasan astronomi. Menariknya lagi, semua pameran disajikan dalam dua bahasa sekaligus yakni Hawai dan Inggris.

Pusat astronomi memiliki bangunan dengan bentuk kubah (dome). Selain unik, Imiloa Astronomy Center tersebut dinobatkan sebagai planetarium dengan bangunan kubah pertama di dunia yang dilengkapi 3D stereoscopic. Read More.

  • Royal BC Museum

4910993129_cbe7a46bf1_oRoyal BC Museum terletak di 675 Belleville St, Victoria, British Columbia V8W 9W2, Kanada. Tempat ini merupakan salah satu “harta karun” terbesar yang dimiliki Kanada.

Pada tahun 2003, dua organisasi yang bergerak di pengumpulan data dan museum di British Columbia bersatu. Bersama sama mereka mencari artefak, dokumen dan semacamnya dari kehidupan manusia dan alam pada jaman dulu, lalu merawatnya and then share it to the world.

Melalui riset dan berbagai metode pengajaran, Royal BC Museum memberikan segala pengetahuan tentang apa saja yang ada di British Columbia.

Koleksi Royal BC Museum dapat dibedakan menjadi dua bagian, yang pertama natural history dan kedua ada human history. Dan jangan lewatkan juga, di sini ada IMAX Theatre, tempat yang tepat untuk melihat sejarah British Columbia dengan teknologi modern, pasti seru !

Pada bagian sejarah alami, Anda dapat melihat berbagai temuan sejarah yang berhubungan dengan binatang, fosil dan tumbuhan. Ada ruangan khusus yang menyimpan reptil, ikan, burung, mamalia dan serangga. Read More.

  • Museum of Mathematics

14MATH_SPAN-articleLargeMatematika menjadi mimpi buruk bagi sebagian orang, namun di sini pengunjung mungkin akan berpikir ulang untuk membenci ilmu hitung tersebut.

Museum of Mathematics, kerap dijuluki MoMath adalah sebuah museum yang didedikasikan untuk matematika. Museum yang terletak di Madison Square North Historic District, New York ini dibuka untuk umum pada bulan Desember 2012.

MoMath merupakan satu-satunya museum yang didedikasikan untuk matematika di Amerika Utara dan menampilkan lebih dari tiga puluh permainan interaktif. Misi museum adalah untuk meningkatkan pemahaman publik dan persepsi masyarakat luas terhadap matematika. Museum ini memiliki slogan “the coolest thing that ever happened to math!”.

Math Midway adalah salah satu permainan edukatif di MoMath, berbentuk seperti sepeda roda tiga yang bergerak di atas jalur lingkaran, ketika sepeda ini dikayuh akan menghasilkan objek – objek yang menarik. Read More.

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 31 Oktober 2013.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila Anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • wisata pendidikan di amerika serika
  • wisata edukasi di amerika

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , ,