www.gntt.travel

www.gntt.travel

Selain air terjun Niagara, landmark dari Niagara Parks adalah Floral Clock. Jam yang menjadi lokasi favorit wisatawan untuk selfie ini merupakan jam terbesar di dunia. Dengan diameter 12,2 meter, jam raksasa ini setiap harinya mengiringi perjalanan waktu Niagara Parks.

www.niagaraparks.com

www.niagaraparks.com

Floral Clock merupakan salah satu tempat paling ramai yang dikunjungi wisawatan setelah air terjun Niagara. Para traveller dari belahan dunia manapun berbondong-bondong melihat keindahan jam raksasa yang terbilang unik. Desain jam ini tidak menggunakan bahan logam seperti jam pada umumnya, melainkan menggunakan media bunga yang berwarna-warni, salah satunya adalah bunga tulip yang menjadi kebanggaan warga negara Kanada. Ada sekitar 16.000 – 20.000 buah bunga di gunakan sebagai bahan dasar pembuatan Floral Clock ini. Mereka ditanam berdasarkan desain yang sudah ditentukan oleh Niagara Parks Hortikultural sebagai tim pengelolanya. Setiap tahunnya jam raksasa ini berganti desain sebayak dua kali. Sejak tahun 1950, Floral Clock ini sudah menghasilkan banyak sekali motif desain, seperti pohon beringin dan kompas yang merupakan alat petunjuk arah mata angin. Khusus pada musin dingin, bunga-bunga yang indah itu digantikan dengan batu berwarna-warni.

www.prolandscapermagazine.com

www.prolandscapermagazine.com

Ada lagi satu keunikan dari Floral Clock ini yaitu huruf yang membentuk tulisan “Niagara Parks” sebagai pengganti petunjuk ke-12 angka jam yang biasa digunakan. Sejak pembuatannya tahun 1950 jam raksasa ini sudah tidak menggunakan angka sebagai petunjuk waktu melainkan huruf. Pada saat itu huruf-huruf tersebut masih bertuliskan “Ontario Hydro”, sebagai pihak pembuatnya. Kemudian pada tahun 1977 pengelolaan Floral Clock berpindah tangan ke Niagara Parks dan sejak saat itu hingga sekarang tulisan tersebut berganti menjadi “Niagara Parks”. Meskipun pihak pengelola dipegang oleh Niagara Parks, tetapi khusus mekanisme jam masih dilakukan oleh Ontario Hydro, pihaknya setiap hari memastikan jam berjalan dengan tepat waktu. Awalnya jam raksasa ini terinspirasi oleh ketua Ontario Hydro, Dr. Richard L Hearn yang melihat sebuah jam serupa di Skotlandia. Setelah itu barulah beliau merencanakan pembuatan Floral Clock dengan ukuran 3 kali lipat lebih besar.

Jam raksasa ini memiliki tingkat kemiringan dengan rasio 3:1. Pada bagian belakang jam terdapat sebuah menara dengan tinggi 7,3 meter terhitung dari dasar tanah, tetapi hanya 3,5 meterlah yang terlihat dari atas badan jam. Di dalam menara ini terdapat sebuah alat pengeras suara yang akan berbunyi setiap seperempat jam. Kemudian pada bagian bawah jam terdapat ruangan pengendali jam.

www.niagarafrontier.com

www.niagarafrontier.com

Floral Clock dapat dikunjungi setiap hari mulai pukul 9:00 am – 6:00 pm selama bulan Juli – Agustus, pukul 9:00 am – 5:00 pm bulan September – 19 Oktober dan selanjutnya hingga akhir bulan Desember di tutup untuk umum.

Floral Clock terletak di 14004 Niagara Parkway Niagara Falls ON L0S 1L0 Canada. Anda dapat mencapainya dengan menggunakan Via Rail atau Go Train and Go Bus. Via Trail atau Amtrak Train dengan tujuan Toronto-Niagara Falls. Sedangkan untuk Go Train and Go Bus, naik kereta dari Toronto dan turun di Burlington, kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus menuju Niagara Falls.

Selama di Kanada, Anda juga bisa mengunjungi Lowe’s Toronto Christmas Market, Hornblower Niagara Cruises, Niagara River dan Distillery Sunday Market.

Selama berada di Niagara Falls, Anda dapat menginap di Ramada Niagara Falls Hotel, Quality Hotel Fireside and Suites, Niagara Inn Bed & Breakfast atau Best Western PLUS Cairn Croft Hotel.

View large map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 20 Juli 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips dan panduan wisata untuk anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduana wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,