www.thechronicleherald.ca

St.Dunstan’s Basilica thechronicleherald

Bagi sebagian orang, wisata religi sangat menyenangkan. Selain untuk mempertebal keimanan, juga melepas segala penat rutinitas harian. Jika Anda seorang Nasrani, ada sebuah gereja megah dan unik bernama St.Dunstan’s Basilica yang terletak di jantung kota Charlottetown, PEI, Kanada. Saking menawannya hingga gereja ini ditetapkan sebagai Situs Bersejarah Nasional Kanada pada tahun 1990.

www.rtoddking.com

St.Dunstan’s Basilica rtoddking

St.Dunstan’s Basilica adalah satu-satunya Katedral Katolik Roma dan Basilika di PEI, juga merupakan tempat bernaung komunitas Katolik Roma PEI. St.Dunstan’s Basilica berada di bawah keuskupan Charlottetown. Gereja ini merupakan salah satu tujuan wisata religi sekaligus sejarah yang banyak di kunjungi wisatawan, khususnya yang beragama Nasrani. Mereka datang ke tempat ini selain untuk berdoa juga melihat secara langsung kemegahan dan keindahan arsitektur bangunan gereja.

Keindahan dan keunikan bangunan gereja yang mempesona menjadikannya pula sebagai landmark kota Charlottetown dengan menaranya yang menjadi beberapa point tertinggi di langit kota. Jika dilihat dari luar, St.Dunstan’s Basilica memang memiliki desain bangunan yang sangat rumit tapi menawan. Awalnya gereja ini merupakan sebuah kapel kecil yang terbuat dari kayu pada tahun 1816. Pada bulan Agustus 1829, keuskupan Charlottetown pun diciptakan dengan menetapkan bapa Angus Bernard MacEachern sebagai Uskup di kapel St. Dunstan dan sebagai hasilnya kapel kecil ini menjadi Katedral. Dengan menjadi sebuah Katedral, St.Dunstan memiliki jamaat yang semakin banyak jumlahnya hingga pada suatu ketika ada kebutuhan dan permintan dari jamaat untuk membangun gereja dengan ukuran yang lebih besar dengan desain arsitektur yang rumit. Untuk merealisasikan, akhirnya aristek dari Montreal bernama Francois Xavier-Berlinguet dipekerjakan untuk merancang Katedral dengan gaya Perancis Gothic dengan bahan dasar batu alam. Fondasi bangunan pertama diletakkan pada 15 September 1896 dan selesai dibangun secara keseluruhan pada tahun 1907.

www.flickr.com

St.Dunstan’s Basilica flickr

Beberapa tahun kemudian tepatnya tahun 1913, gereja ini sempat mengalami musibah kebakaran yang menghancurkan bangunannya. Berkat sumbangan dari Katolik Roma dan masyarakat kota lainnya, gereja inipun dibangun kembali dan selesai pada tahun 1919. St.Dunstan’s Basilica diresmikan pada 24 September 1919 oleh Most Rev. Pietro Di Maria, Archbishop of Iconium. Banyak hal menarik yang dapat dilihat berkaitan dengan bangunan gereja seperti adanya dua buah menara kembar yang menjulang tinggi, menara ini yang menjadi salah satu landmark kota Charlottetown. Kemudian adanya tiga buah pintu ukiran yang terbuat dari kayu ek, banyaknya kaca patri beraneka motif yang menghiasi bangunan dan aneka patung.

St.Dunstan’s Basilica memiliki Sacrament Schedule setiap hari Sabtu pagi pukul 9:00 am, Sabtu Vigil 5:00 pm, hari Minggu pukul 10:30 am dan 5:00 pm, hari Senin – Jumat pukul 12:05 pm. Sedangkan untuk confessions pada hari Rabu dan Kamis pada pukul 11:00 – 12:00 am.

St.Dunstan’s Basilica terletak di 45 Great George Street, Charlottetown, PEI, Kanada. Untuk menjangkaunya, Anda dapat menggunakan Triustransit.

Selama di Kanada, Anda juga bisa mengunjungi Alberta Legislature, Granville Island, English Bay Beach dan Drumheller Valley.

Selama berada di PEI, Anda dapat menginap di Delta Prince Edward Hotel, Best Western Charlottetown Hotel, Canada Best Value Inn & Suites Charlottetown atau Comfort Inn Charlottetown.

View large map

Informasi yang tertera dalam artikel di atas sesuai dengan kondisi pada 13 Januari 2015.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips dan panduan wisata untuk anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduana wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • katedral katolik roma di lanada

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , ,