ik_kil_jul11

Jangan salah sangka dulu. Cenote Ik Kil bukanlah gerbang akhirat sesungguhnya melainkan sebuah sumur raksasa. Masyarakat lokal mempercayai tempat tersebut merupakan gerbang menuju akhirat. Tapi kini, Cenote Ik Kil menjadi destinasi wisata yang eksotis. Anda tertarik berenang di sana?

ik kil cenote holeCenote ik kil merupakan salah satu peninggalan peradaban suku Maya. Letaknya tidak jauh dari Chichen Itza piramida suku Maya di Valladolid, semenanjung Yucatan, Meksiko. Tempat tersebut sebenarnya merupakan sumber air tawar yang ada di bawah tanah. Walaupun pada musim kemarau debit air di sana tak pernah surut atau berubah warna.

Diameter Cenote Ik Kil sekitar 60 meter dengan kedalaman 35 meter. Permukaan airnya berada 25 meter dari permukaan tanah. Wisatawan dapat menikmati pengalaman berbeda saat berenang di sana. Airnya berwarna biru, dingin dan segar terlihat cantik ketika memantulkan cahaya matahari. Akar-akar pohon yang menjuntai di atas kepala Anda saat berenang menambah suasana alami.

ik kil cenoteDalam bahasa Meksiko “cenote” berarti sumur dan “ik kil” artinya persembahan. Ya, di sumur tersebut suku Maya kuno melakukan ritual melemparkan persembahan dan tumbal ke dalamnya. Banyak gadis yang menjadi tumbal karena suku Maya percaya bahwa gadis yang menjadi tumbal akan masuk surga. Selain gadis mereka juga melemparkan barang berharga seperti emas sebagai persembahan. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena ritual tersebut sudah ditinggalkan sejak berabad-abad yang lalu.

ik kil swimmerNah, jika ingin berenang Anda harus menuruni anak tangga menuju dasar Cenote Ik Kil. Oya, jika ingin memacu adrenalin kita bisa loncat dari atas sumur tapi biasanya kegiatan tersebut dilakukan oleh peloncat profesional. Harga tiketnya sekitar 60 peso untuk semua umur. Sekedar informasi bagi wisatawan yang kurang mahir berenang bisa menyewa pelampung yang disediakan oleh pengelola. Oya, jika membawa anak kecil jangan lupa untuk selalu mengawasinya demi keamanan.

Untuk mencapai destinasi wisata Cenote Ik Kil Anda dapat menyewa mobil atau bus yang melalui rute 108O Mexico 108 E dari kota Valladolid. Sebelum sampai ke tempat itu, wisatawan dapat mengunjungi piramid Chicen Itza yang melegenda.

Saat Anda berkunjung ke Meksiko sempatkan untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata seperti Cuixmala, El Parian de Pueble dan Pantai Isla Navidad. Untuk oleh – oleh wisatawan dapat membeli acar cabai jalapeno. Jika ingin beristirahat Anda bisa menginap di Concha Dorada Hotel, Hotel Veracruz Centro Historico dan Veracruz Plaza Hostal.

Peta lokasi Cenote Ik Kil.

View Larger Map

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk Anda sekalian, Namun demikian pemeliharaan website ini tidaklah murah, maka apabila Anda memesan hotel silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • sumur suku maya
  • cenote ik kill meksiko inggris dan artinya
  • sejarah kil
  • sumur Cenote Ik Kil
  • sumur cenote ik-kill
  • sumur cenote suku maya
  • sumur meksiko
  • sumur raksasa mexico
  • sumur suku maya di meksiko
  • sejarah cenote

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,