foto from www.2.bp.blogspot.com

foto from www.2.bp.blogspot.com

Apa yang berada di benak Anda ketika mendengar daging steak sapi? Pasti langsung terbayang sedap dan nikmatnya menyantap makanan tersebut. Tapi pernahkah Anda mencoba olahan potongan daging steak sapi Meksiko yang bernama fajitas? Kalau belum pernah mencobanya maka datanglah ke Meksiko.

Fajitas adalah istilah yang ditemukan untuk kuliner TexMex, yang mengacu pada setiap daging panggang yang biasanya disajikan sebagai taco pada tortila dari bahan dasar tepung atau jagung. Istilah ini  awalnya mengacu pada potongan daging sapi yang digunakan dalam hidangan yang dikenal sebagai “rok steak”, maksudnya di sini adalah potongan daging steak yang biasa disajikan di piring. Bagian daging yang digunakan adalah bagian dada sapi, selain daging sapi yang digunakan untuk variasi bisa daging  ayam, babi, dan udang. Penyajian di restoran, daging sering dimasak dengan bawang dan paprika, daun selada, krim asam, guacamole, salsa, pico de gallo, keju dan tomat. Di wilayah utara Meksiko, varian hidangan ini bernama Arrachera.

Secara Etimologi, fajitas Meksiko atau Tex-Mex kecil adalah istilah untuk potongan daging ayam atau sapi yang dibentuk seperti strip. Kata fajitas berasal dari kata faja, diambil dari bahasa Spanyol untuk arti “strip”, ”band”, atau “sabuk”.

foto from www.suaramerdeka.com

foto from www.suaramerdeka.com

Kepopuleran fajitas di negara Meksiko benar-benar luar biasa, awal pertama  memasak fajitas dengan memotong daging, daging langsung di tempatkan di atas  perapian atau di atas panggangan, hal ini mengingatkan pada peternakan di selatan dan barat Texas pada tahun 1930-an. Sapi  yang sudah cukup usia disembelih dan diambil potongan dagingnya. Urutan potongan daging seperti kepala, isi perut, dada sapi, dan kulit sapi diberikan kepada koboi Meksiko, kegiatan ini disebut vaqueros sebagai bagian lain dari gaji mereka. Tradisi vaqueros masih berjalan hingga saat ini. Makanan ini menjadi populer ditahun 1990-an, ketika Meksiko membukai gerai restoran cepat saji dan lebih populer dengan sebutan makanan Tex-Mex. Dan dalam beberapa tahun terakhir, fajitas telah menjadi populer di Amerika dalam dining restoran serta makanan rumahan. Untuk penyajian fajitas, di restoran, daging fajita dibawa ke meja dengan suara mendesis keras karena perpaduan antara panas saus dengan piring logam atau wajan, ditambah dengan tortila dan bumbu sesuai selera pemesan.

foto from www.anggacpsgt.files.wordpress.com

foto from www.anggacpsgt.files.wordpress.com

Wah ternyata fajitas sangat populer dan sangat layak untuk dicoba, selama berwisata di Meksiko jangan lupa sempatkan diri Anda untuk mencicipi hidangan Meksiko yang lain seperti Burrito, Nachos, dan Ponche. Beberapa referensi hotel yang dapat di tempati selama berwisata ke Meksiko antara lain Hotel Fleming, La Casona Hotel, danSheraton Maria Isabel Towers Hotel.

Peta Lokasi View Larger Map

informasi yang tertera dalam artikel diatas sesuai dengan kondisi pada 6 Juni 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan di facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • fajitas adalah
  • apa itu fajitas
  • fajitas meksiko
  • fajita adalah
  • cara membuat fajitas meksiko
  • sejarah fajitas
  • cara membuat fajitas
  • cara membuat makanan fajitas meksiko
  • ciri khas fajitas mexico
  • arti fajitas

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , ,