Museum Franz Mayer, terletak di pusat bersejarah Mexico City. Dahulu bangunan ini adalah biara San Juan de Dios dan rumah sakit, kemudian direhabilitasi  struktur bangunannya dari abad ke-18 untuk dijadikan museum.

foto from www.tripadvisor.com

foto from www.tripadvisor.com

Siapakah Franz Mayer ini? Dia lahir tahun 1882 di Mannheim Jerman. Datang ke Meksiko pada tahun 1905. Saat terjadi Revolusi Meksiko dia pergi beberapa waktu, tapi kembali lagi di tahun 1913. Dan ditahun itu juga dia menikah dengan Maria Antonieta de la Macorra, namun hanya sebentar karena sang istri kemudian meninggal tanpa memberikan keturunan. Mayer menjadi pengusaha yang sangat sukses, sebagian besar dia bekerja di saham dan jasa keuangan lainnya. Dia mendapatkan hak kewarganegaraan Meksiko pada tahun 1933.

Mayer memiliki hobi fotografi, dan dia mengagumi Hugo Brehme dan mengumpulkan beberapa foto. Mayer terkenal karena koleksi dekoratif yang mengisi rumahnya di Lomas de Chapultepec. Sebagai seorang kolektor, Mayer mengumpulkan lebih dari 10.000 karya seni. Mayer juga mulai mengumpulkan seni rupa melalui rumah lelang yang berbeda mulai tahun 1933. Pada tahun 1963, Mayer memutuskan untuk mendirikan dana perwalian untuk tujuan menyumbangkan koleksinya ke museum yang didedikasikan untuk itu. The Bank of Mexico terpilih sebagai wali amanat. Donasi tersebut telah diselesaikan pada kematian Mayer pada tahun 1975 dan museum yang dibuka pada tahun 1986.

foto from www.tripadvisor.com

foto from www.tripadvisor.com

Bangunan museum ini terletak di Plaza de la Santa Veracruz, sebelah Museo Nacional de la Estampa. Sejarah awal bangunan ini dahulunya digunakan sebagai pabrik tepung, kemudian dijadikan rumah sakit selama kurang lebih 400 tahun. Rumah sakit ini didirikan oleh Dr Pedro Lopez pada tahun 1582, dokter medis pertama yang lulus dari kerajaan dan Universitas Kepausan Meksiko. Hingga pada tahun 1980-an, muncul ide untuk menjadikan bangunan ini sebagai museum.

Yang menarik dari museum ini adalah koleksinya. Dikumpulkan oleh Franz Mayer sendiri selama lima puluh tahun dan merupakan koleksi terbesar dari seni dekoratif di Amerika Latin. Museum ini memiliki 9.500 karya seni, 1.400 potongan keramik dan 10.000 buku. Koleksi lainnya meliputi perak, keramik, furnitur, tekstil, seni rupa dan dekorasi yang terbuat dari masa gaya prahispanik, lacquer, gading, kaca dan enamel. Sejumlah potongan berasal dari Eropa dan Asia, tetapi Mayer memperoleh jumlah yang sangat besar dari Mexico City, Puebla dan Guanajuato.  Mayer juga memiliki koleksi anggrek, kaktus dan Azalea.

Museum ini sangat menarik dan baik untuk  dikunjungi, Anda dapat kesini cukup berjalan kaki dari Palace of Fine arts melalui Eje Central Lazaro Cardenas dan Santa Veracruz selama 7 menit. Museum buka dari hari selasa-minggu jam 10.00-17.00 dengan harga tiket $30 peso. Kunjungi pula Palace of Fine Arts, Museo Nacional of Arte, dan Palacio Mineria.  Beberapa referensi hotel yang dapat ditempati selama berwisata di Meksiko antara lain Boutique Hotel De Cortes, Melia Mexico Reforma Hotel, dan Emporio Reforma Hotel.

Peta Lokasi View Larger Map

informasi yang tertera dalam artikel diatas sesuai dengan kondisi pada 18  Juni 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan di facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.


Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , ,