Sebagai negara kepulauan, Indonesia memilki ragam adat istiadat, seni dan budaya. Mulai dari Sabang hingga Merakue, terlihat unik dan khasnya kekayaan entitas negara kita. Salah satu keragaman itu ada pada kesenian tari kita yang disukai oleh banyak orang, baik itu turis lokal maupun turis mancanegara. Namun apakah Anda sudah melihat pertunjukan seni tari khas dari Meksiko?

foto from www.deltaskymag.delta.com

foto from www.deltaskymag.delta.com

Dalam tarian itu, seorang wanita dengan senyum hangat di wajahnya, mengenakan rok bulat warna-warni dan sepatu bot melenggak lenggok di atas lantai kayu yang keras. Ditemani seorang pria yang menggunakan setelan baju khas Meksiko. Ini adalah tarian Ballet Folklorico, yang dikenal luas untuk menggambarkan semua bentuk tarian rakyat Meksiko.

Meskipun tarian rakyat Meksiko ini sudah ada jauh sebelum munculnya Amelia Hernandez pada tahun 1950, namun dia memainkan peranan penting dalam formalisasi dan mempopulerkan bentuk seni. Amelia mendirikan sekolah pertama yang didedikasikan untuk Ballet Folklorico pada tahun 1958, dan dia pula yang menjadi koreografer dari 30 jenis tari ballet yang berbeda. Kemudian dari sinilah Presiden Adolfo Lopez Mateos sangat menikmati tarian Amelia, dan diizinkan oleh presiden untuk tampil setiap minggu di National Institute of Fine Arts.

Di Amerika Serikat, ballet Folklorico dipopulerkan pada tahun 1960 hingga 1970-an. Khususnya di Los Angeles dan El Paso, dua kota dengan populasi Hispanik Amerika yang besar, sebagai daerah yang mempromosikan kebanggaan dalam warisan budaya Meksiko dan untuk meningkatkan identitas budaya Meksiko.

foto from www.radiotrece.com

foto from www.radiotrece.com

Sekarang banyak muda-mudi di Sun City, belajar dan berlatih Ballet Folklorico. Musik yang menyertai tarian adalah musik tradisional Mariachi. Biasanya musik dimainkan di belakang penari, di atas panggung. Mariachi tradisional seperti gitar akustik, gitar bass, biola, kecapi dan terompet.

Tarian Ballet Folklorico ini sangat menarik untuk ditonton, Anda dapat menyaksikannya di Palace Fine Arts di Ciudad de Mexico, bangunan ini adalah pusat Kebudayaan yang ada di Meksiko. Karena di dalamnya selain terdapat ruang teater, juga ada ruang koleksi permanen seperti patung, mural dan ornamen lainnya.

Untuk dapat sampai ke tempat pertunjukan ini, Anda dapat berjalan kaki melalui Juarez selama enam menit dan sempatkanlah untuk mengabadikan momen kenangan Anda dengan berfoto di depan bangunan Palace Fine of Arts. Mulai pertunjukan Ballet Folklorico, jam 20.00 dengan harga tiket antara $20-$65 Peso, Selain itu kunjungi juga tempat menarik lainnya seperti Plaza Zocalo, Basilika Guadalupe, dan Viveros de Coyoacan. Beberapa referensi hotel yang dapat ditempati selama berwisata di Meksiko antara lain The Hippodrome Hotel, St. Regis Mexico City Hotel, dan Century Zona Rosa Hotel.

Peta Lokasi View Larger Map

informasi yang tertera dalam artikel diatas sesuai dengan kondisi pada 13 Juni 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan di facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • tari folklorico
  • ciri kostum folklorico
  • pengertian tari folklorico
  • asal dan sejarah tari folklorico
  • penjelasan tarian folklorico
  • penjelasan tari folklorico
  • Pengertian tari folklorico adalah
  • pengertian folklorico
  • kebudayaan tari folkorico
  • fungsi dari tari folklorico

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , ,