Wine atau minuman anggur, sangat digemari oleh semua orang terutama orang Prancis. Rasa yang manis dan menyehatkan, tentu itu yang diinginkan oleh semua orang. Wine sering disajikan saat makan malam sebagai pendamping main course yang berupa daging atau fillet ikan. Di negeri sombrero ada “anggur” yang terkenal, namanya adalah xtabentun.

Xtabentun adalah minuman liqueur yang dibuat di Yucatan Meksiko, berasal dari biji adas manis dan fermentasi madu yang dihasilkan oleh lebah madu dari nektar bunga xtabentun. Menurut asalnya xtabentun memiliki asal-usul yang sama dari balche, minuman seremonial yang diproduksi oleh orang Maya.

foto from www.visitmexico.com

foto from www.visitmexico.com

Secara Etimologi, kata xtabentun dalam bahasa Maya berarti “tanaman anggur yang tumbuh merambat pada batu”. Menurut legenda dari semenanjung Yucatan, bunga xtabentun berasal dari sebuah kisah tentang dua wanita yang tinggal di desa yang sama. Salah satunya adalah Xtabay, yang populer disebut oleh warga kota dengan sebutan “Xkeban”, yang artinya (maaf) pelacur, dengan kata lain wanita buruk yang memberi cinta terlarang, wanita cantik yang memberikan tubuhnya kepada siapa saja yang diminta cintanya. Pada kenyataannya, bagaimanapun, dia adalah jiwa baik yang memberikan bantuan kepada siapapun yang membutuhkan. Walaupun seisi kota memandang rendah dan menghina harga dirinya tapi dia tidak pernah membalas. Sedangkan wanita lain yaitu Utz-Colel, dianggap sebagai contoh untuk semua wanita dalam hal kesopanan dan berbudi luhur, tapi kebaikannya terbatas pada dirinya yang berhati dingin karena tidak pernah membantu orang sakit, membenci orang miskin, sehingga kebajikannya palsu dan harga dirinya adalah permata mahkotanya. Wah ternyata menarik juga ya cerita dibalik asal-usul nama Xtabentun.

Minuman ini biasanya disajikan langsung, dingin dan ditambah dengan madu. Dan dapat juga disajikan dengan kopi, atau dengan beberapa Oz tequila. Minuman ini sangat layak untuk dicoba. Selain minuman ini, Anda juga dapat mencicipi Tejuino, Pulque, dan Pozol. Beberapa referensi hotel yang dapat Anda tempati selama berwisata di Yucatan Meksiko antara lain  Be Live Grand Riviera Maya Hotel, Barcelo Maya Tropical All Inclusive Hotel, dan Gran Bahia Principe Tulum Hotel.

Peta lokasi View Larger Map

informasi yang tertera dalam artikel diatas sesuai dengan kondisi pada 11 Juni 2014.

Komitmen kami untuk memberikan informasi, tips, dan panduan wisata untuk anda sekalian. Namun demikian, pemeliharaan website ini tidaklah murah. Apabila anda memesan hotel, silahkan klik link hotel yang ada di halaman ini untuk membantu kami terus dapat memberikan informasi serta panduan wisata yang lebih menarik lagi. Dan juga sarankan kami di twitter dan di facebook.

Harga yang tertera dalam artikel ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Incoming search terms:

  • anggur amerika madu

Mau Liburan Murah? Pastikan Hubungi Kami!
Tour Murah Panduan Wisata. Telp: +62.85.101.171.131. Pin BB: 5BF4C2B4

Tags: , , , , , ,